486baab8a4ebe6bce43ef45302739b5b
486baab8a4ebe6bce43ef45302739b5b

2 Pertiga Napi Hindu Peroleh Remisi Nyepi

Diposting pada 43 views

2 Pertiga Napi Hindu Peroleh Remisi Nyepi

KEMENTERIAN Hukum dan HAM memberikan remisi spesial (RK) ke 1.152 atau kisaran 2 pertiga dari 1.785 narapidana (napi) ber agama Hindu di semua Indonesia, kemarin. Remisi itu terkait dengan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942.

“Sebanyak 1.151 narapidana menerima RK I atau pengurangan sebagian, dengan rincian 294 orang menerima remisi 15 hari, 755 narapidana memperoleh remisi 1 bulan, 84 narapidana memperoleh remisi 1 bulan 15 hari, dan 2 bulan remisi untuk 18 narapidana. Sementara itu, 1 orang menerima RK II atau langsung bebas setelah menerima remisi 15 hari,” papar Pelaksana Tugas Direktur Jend. Pemasyarakatan Nugroho dalam Penjelasan legal yang dipublikasikan di Jakarta.

Nugroho menekankan remisi diberikan ke narapidana yang sudah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Misalnya,

sudah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F, serta Ikut aktif ikut program pembinaan di lembaga pemasyarakatan (LP) atau rumah tahanan (rutan).

“Remisi yang diberikan diinginkan dapat memotivasi narapidana untuk mencapai penyadaran diri yang tecermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Pemberian remisi juga Adalah wujud negara datang untuk memberikan perhatian dan penghargaan bagi narapidana untuk senantiasa berintegritas, berkelakuan baik selama menjalani pidana, tidak melaksanakan pelanggaran-pelanggaran yang sudah ditetapkan,” kata Nurgoho.

Ia memastikan di tengah pandemi covid-19 hak-hak masyarakat binaan pemasyarakatan, seperti pemberian remisi, hak integrasi, pelayanan Lawatan daring, dan pelayanan kesehatan tetap dilayani. Beberapa unit pelaksana teknis (UPT) pemasyarakatan tengah disiapkan selaku rujukan isolasi mandiri apabila Ada tahanan dan narapidana menyandang status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam kontrol (PDP).

READ
Kitab Tasrifan Karangan Ulama’ NU yang Menusantara

Sarana itu sekarang sudah ada di LPKA Medan, LP Pemuda Tangerang, LP Salemba, LP Wirogunan, LP Purwokerto, Rutan Wanita Bandung, dan LP Porong. “Wilayah lainnya akan mengusulkan UPT pemasyarakatan yang dapat jadi rujukan isolasi mandiri,” imbuh Nugroho.

menurut data Smslas.ditjenpas.go.id per 21 Maret 2020, hitungan total narapidana dan tahanan di semua Indonesia mencapai 272.050 orang dengan rincian napi 206.086 orang, sedangkan tahanan 65.964 orang.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jend. Pemasyarakatan, Junaedi, menerangkan pemberian remisi Hari Raya Nyepi 2020 sekaligus menghemat anggaran makan narapidana sebanyak Rp542.865.000.

Narapidana terbanyak memperoleh RK Hari Raya Nyepi 2020 berasal dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum dan HAM Bali. (Cah/P-2)




2 Pertiga Napi Hindu Peroleh Remisi Nyepi

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *