Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / BERITA DUNIA / Ahli: Israel Rencanakan Serbuan ke Gudang-gudang Senjata Hashd al-Shaabi di Irak

Ahli: Israel Rencanakan Serbuan ke Gudang-gudang Senjata Hashd al-Shaabi di Irak

/
/
/
9 Views

Warta Batavia, IRAK – Seorang ahli keamanan yang dekat dengan badan intelijen Irak menjelaskan ada info bahwa angkatan bersenjata Israel berencana untuk melancarkan serbuan udara kepada gudang-gudang senjata dari Unit Mobilisasi Populer pro-pemerintah, yang lebih dikenal dengan kata Arabnya, Hashd al-Sha’abi, di negara Arab tersebut.

“Info yang tersedia memperlihatkan bahwa Israel bersiap untuk mengebom gudang-gudang senjata Hashd al-Sha’abi, dan bukan pusat komando atau benteng para pejuang. Ini amat mungkin terjadi,” ucap Fadhil Abu Ragheef ke jaringan berita televisi RT Arab Rusia, Selasa (13/08).

Ia menambahkan bahwa ledakan kuat yang mengguncang pangkalan angkatan bersenjata di Baghdad selatan pada Senin malam, dapat jadi ialah bagian dari skenario Israel tersebut.

Baca: Irak: ISIS Terhubung Langsung ke Mossad Israel

Sayf al-Badr, Jubir Kementerian Kesehatan Irak, menjelaskan dalam sebuah pernyataan bahwa setidaknya 1 orang meninggal dan 29 lainnya cedera dalam ledakan itu.

Sebuah sumber tanpa nama dari Kementerian Dalam Negeri Irak menjelaskan gudang amunisi meledak di dalam pangkalan angkatan bersenjata polisi federal, bernama Falcon, di daerah Owerij dekat distrik selatan Doura.

Sumber itu menambahkan bahwa ledakan itu diikuti oleh serangkaian ledakan di gudang yang menyampaikan sejumlah besar pecahan peluru ke rumah-rumah di dekatnya.

Baca: Al-Jarida: Ada Jejak Israel dalam Serbuan di Markas prajurit Populer Irak

Pada bulan Januari, Sekretaris Negara AS Mike Pompeo mengisyaratkan selama Lawatan ke Irak bahwa rezim Israel dapat melancarkan serbuan kepada Tentara Hashd al-Sha’abi, yang memainkan peran penting dalam Peperangan kontra-terorisme prajurit Irak melawan kubu teror Daesh dan membantu pemerintah untuk membersihkan negara itu dari teroris Takfiri pada akhir 2017.

Pompeo diadukan sudah menerangkan ke para pejabat Irak waktu perjumpaan dengan Perdana Menteri Irak Adel Abdul-Mahdi bahwa Washington tidak akan bereaksi kepada kemungkinan serbuan Israel kepada para pejuang Hashd al-Sha’abi.

Abdul-Mahdi mengumumkan keprihatinan soal pernyataan itu dan mengingatkan Pompeo bahwa tindakan seperti itu oleh Israel akan mempunyai konsekuensi yang besar.

Baca: Israel Dibalik Serbuan ke Markas Hashd Al-Shaabi Irak

Bereaksi atas laporan itu, Moein al-Kazemi, seorang komandan Hashd, menjelaskan bahwa pasukannya siap untuk memberikan respon “kuat” ke tiap-tiap agresi, mengingatkan rezim di Tel Aviv untuk tidak “bermain api.”

Rezim Israel mempunyai catatan menyerbu Tentara yang memerangi Daesh di Suriah.

Pada Juni 2018, pejuang Hashd diserang di kota tapal batas Suriah al-Hari, di provinsi timur Dayr al-Zawr, waktu mereka mengejar teroris Daesh keluar dari daerah itu.

Baik pemerintah Suriah dan Hashd al-Sha’abi mengumumkan waktu itu bahwa serbuan di dekat tapal batas Irak-Suriah sudah disengaja dan cuma dapat dikerjakan oleh Israel atau AS. (ARN)

Pakar: Israel Rencanakan Serangan ke Gudang-gudang Senjata Hashd al-Shaabi di Irak by Ahmad Fawas

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar