Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha, Bahlil: Jangan Cita-cita Jadi PNS

Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha Bahlil Jangan Cita cita Jadi PNS Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha, Bahlil: Jangan Cita-cita Jadi PNS

Menteri Penanaman Modal dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengimbau mahasiswa untuk tidak selalu bercita-cita menjadi PNS atau pegawai. Mahasiswa didorong untuk menjadi pengusaha.

Menurut Bahlil, sejak undang-undang penciptaan lapangan kerja diberlakukan, siapa saja bisa menjadi wirausaha karena proses perizinan kini semakin mudah dan bisa dilakukan secara online melalui sistem Online Single Submission (OSS). Proses perizinannya juga cepat, hanya butuh waktu 3 jam.

“Jadi sekarang kalau punya anak kecil untuk perizinan perusahaan bisa langsung ke OSS, apalagi UMKM hanya butuh waktu 3 jam,” kata Bahlil di depan mahasiswa Universitas Citra Bangsa, Sabtu (22/5/2021).

Tak hanya itu, pihaknya juga menjamin proses perizinan perusahaan melalui OSS gratis.

“Tidak ada bayaran, tidak ada lagi perilaku lama. Kita harus membuka tabir, tidak saling membohongi. Jika kita menginginkan negara yang baik, kita harus jujur ​​dengan diri kita sendiri dan untuk kebaikan bangsa dan negara,” dia berkata. .

Ia kemudian memberikan gambaran betapa terbatasnya kesempatan kerja saat ini. Untuk itu, siswa diminta tidak hanya bergantung padanya.

“Kalau belajar hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri atau pegawai negeri saja, saya ingin menjelaskan bahwa jumlah pegawai negeri yang diterima dalam setahun antara pegawai negeri, pegawai TNI / Polri dan BUMN tidak lebih dari 800 ribu. Sedangkan setiap tahun 2,9 Jutaan Kampus memberikan hasil terbaik … di mana Anda ingin sisanya?

“Triknya menjadi wirausaha. Menjadi wirausaha adalah solusi terbaik bagaimana cara menciptakan lapangan kerja,” sambungnya.

Untuk itu, ia mendorong mahasiswa untuk berani menjadi wirausaha. Karena sekarang tidak sesulit dulu. Bahlil juga membagikan beberapa pengalamannya saat menjadi pengusaha. Sulit untuk hanya mengurus izin, tetapi sekarang bukan itu masalahnya.

BACA JUGA :   Indonesia Dukung Mekanisme Berbagi Vaksin COVID-19

“Dulu kalau mau jadi pengusaha tidak masalah ketemu ketua jurusan, ketemu ketua bagian juga susah minta maaf. Saya baru mendapat izin,” ujarnya.

“Sekarang anak-anak kecil dengan UU penciptaan lapangan kerja, setiap orang berhak menjadi wirausaha melalui OSS,” ujarnya. [detik.com]


Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha, Bahlil: Jangan Cita-cita Jadi PNS

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *