Alhamdulillah! Menag Gus Yaqut : Penceramah Agama akan Disertifikasi Wawasan Kebangsaan

Alhamdulillah Menag Gus Yaqut Penceramah Agama akan Disertifikasi Wawasan Alhamdulillah! Menag Gus Yaqut : Penceramah Agama akan Disertifikasi Wawasan Kebangsaan


Dalam rangka memperkuat moderasi beragama, para ustadz dan dosen agama, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menegaskan bahwa visi kebangsaan akan disahkan.

Gus Yaqut mengungkapkan sertifikasi ini terkait penguatan moderasi beragama melalui kompetensi guru. Lebih lanjut, kata dia, jaringan pemangku kepentingan Kemenag, mulai dari organisasi hingga komunitas agama dan lembaga dakwah, cukup luas dan harus membantu menyelesaikan masalah “apa”.

“Salah satunya memberikan pembinaan kepada Dai dengan menggandeng peran ormas Islam dan lembaga dakwah,” kata Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI.

Struktur pembinaan ini, kata Yaqut, bertujuan untuk meningkatkan kemahiran Dai dalam menjawab dan merespon permasalahan nyata dengan strategi metode dakwah yang fokus pada visi nasional atau sejalan dengan slogan Hubbul Wathon Minal, Iman.

“Pelaksanaan juknis Dai juga sejalan dengan upaya penguatan moderasi beragama yang dicanangkan dalam RPJMN 2020-2024,” jelasnya.

Saat ini, Yaqut mengatakan moderasi beragama telah menjadi bagian dari arah dan strategi politik pemerintah menuju revolusi mental dan pembangunan budaya.

Selanjutnya, kata Yaqut, bimbingan teknis akan dilakukan oleh Ditjen Bina Keislaman baik di tingkat instansi pusat maupun vertikal dengan menggandeng partisipasi ormas Islam setempat.

“Para Dai yang mengikuti Bimtek akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama”.

“Diharapkan para Dai yang telah dibangkitkan dapat meningkatkan intuisi dan kompetensi keilmuannya serta memiliki integritas nasional yang tinggi, untuk menyampaikan dakwah secara langsung kepada masyarakat tempat tinggalnya melalui pendekatan budaya dan lokal,” ujarnya.

(Warta Batavia)


Alhamdulillah! Menag Gus Yaqut : Penceramah Agama akan Disertifikasi Wawasan Kebangsaan

BACA JUGA :   Isi Ramadhan, IPNU-IPPNU Sumenep Gelar Festifal Vlog Shalawat

Recommended For You

About the Author: Asep Komarudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *