Anies Luncurkan DINA Fasilitas Digital Bagi Penyandang Disabilitas di Stasiun MRT

anies-luncurkan-dina-fasilitas-digital-bagi-penyandang-disabilitas-di-stasiun-mrt-tzz.JPG

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peluncuran fasilitas layanan digital yang ramah bagi penyandang disabilitas bernama DINA (Digital Intelligent Assistant) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jumat (3/12/2021). Foto: IG @aniesbaswedan

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta meluncurkan fasilitas layanan digital yang ramah bagi penyandang disabilitas bernama DINA (Digital Intelligent Assistant) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jumat (3/12/2021). Fasilitas DINA menjadi penanda bahwa warga penyandang disabilitas bisa ke mana saja di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya selalu melibatkan komunitas penyandang disabilitas dalam perencanaan fasilitas agar fasilitas yang disiapkan sesuai kebutuhan mereka. Penyandang disabilitas ini bukan hanya jenisnya yang bervariasi tapi juga di tiap jenis ada spektrum yang berbeda-beda.
Baca juga: Anies Hadiri Kick Off Presidensi Konferensi G20 Indonesia

“Ini selalu menjadi prioritas kami. Bila 4 unsur masyarakat yang terdiri dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak, dan perempuan terfasilitasi, insyaallah elemen rakyat yang lain juga pasti terfasilitasi,” ujar Anies melalui Instagramnya @aniesbaswedan, Jumat (3/12/2021).

Menurut dia, kita harus hindari ableism, perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta.
Baca juga: Diperingati Setiap 3 Desember, Begini Sejarah Lahirnya Hari Disabilitas Internasional

Inisiatif DINA ini adalah yang pertama di Indonesia dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hongkong. Terdapat 3 stasiun yang dipasang DINA yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI. Nantinya layanan ramah disabilitas ini akan dipasang di seluruh stasiun.

(jon)

Sindo

BACA JUGA :   Azab Kubur itu Menimpa Jasad ataukah Roh?

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *