Bagi Honda Indonesia, Problem Recall Airbag Takata Tidak Kunjung Bakda

7

Bagi Honda Indonesia, Problem Recall Airbag Takata Tidak Kunjung Bakda

Problem recall airbag Takata di Honda masih belum samapai 50 %. Foto/Ilustrasi.

Jakarta – Cacat produksi airbag Takata selama sekian tahun lalu terbukti berdampak signifikan kepada industri otomotif global. Banyak sekali pabrikan mobil yang mesti recall unit akibat produk cacat dari Takata.

Recall Airbag Takata ini bahkan Ikut dilaksanakan oleh beberapa merk mobil di Indonesia. Honda salah satunya, brand otomotif asal Jepang ini menarik kisaran 600 ribu mobil yang ada di semua Indonesia.

Unit kendaraan yang ditarik ini bahkan termasuk keluaran lama, mulai tahun 2002. Bagi PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang brand, problem recall ini seperti tidak kunjung setelah.

“Total unit nyaris 600 ribu lebih kita recall semenjak tahun 2002 jikalau nggak salah, pencapaian kita sekarang telah mencapai 52 %. Dulu prosesnya telah sampai 80% tapi unitnya nambah lagi (yang terkena recall),” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM beberapa waktu lalu.

Begitu gencarnya usaha yang dilaksanakan oleh Honda Indonesia untuk mengkampanyekan penggantian airbag ke semua unit yang terdampak. Sosialisasi recall ini dilaksanakan secara masif, nggak cuma untuk para konsumen tapi juga sampai ke pedagang mobil bekas.

Baca Artikel Lainnya:  Suzuki Ertiga Dibekali Taktik Hadapi Persaingan Low MPV 2019

Cara ini dilaksanakan sebab banyak sekali pemilik mobil Honda yang cuek & malas Hadir ke bengkel untuk melaksanakan penggantian komponen. Padahal, Jonfis menceritakan bila recall tersebut jadi bentuk tanggung jawab pabrikan untuk konsumen mereka.

“Bagi kita recall itu bukan tantangan, tetapi sungguh sebuah tanggung jawab. Kita juga kejar perbaikan di mobil bekas, seperti di pasar mobil Kemayoran juga kita datangi, kita buat pos komando di pom bensin, serta kerja sama dengan perkumpulan,” jelasnya.

Proses Recall Airbag Takata di Mobil Honda

Permasalahan akibat cacat produksi airbag Takata terjadi nyaris di semua model Honda yang ada di Indonesia. Program recall airbag Takata telah dilaksanakan semenjak 2013 atau telah berjalan 5 tahun. Model yang terindikasi bermasalah yakni: Honda Civic (2001 – 2011), Stream (2002 – 2006),  CR-V (2002 – 2012), Accord (2003 – 2013), City (2004 – 2013). Kecuali itu Jazz (2004 – 2014), Odyssey (2004 – 2008), Freed (2009 – 2013), Brio (2013 – 2014).

Bengkel Honda
Honda terus lakukan perbaikan dalam program recall. Foto/Istimewa.

Pemilik mobil yang masuk ke dalam daftar recall tinggal Hadir ke bengkel legal Honda membawa mobilnya. Tim mekanik akan melaksanakan pemeriksaan & penggantian komponen. Proses penggantian airbag ini relatif cepat kisaran 1-2 jam waktu pengerjaannya.(dol)

Baca Artikel Lainnya:  Intip Lebih Dalam Vespa GTS 300 ABS Seharga Rp 119 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *