Balas Kritikan Trump, WHO Serukan Persatuan Global

Balas Kritikan Trump, WHO Serukan Persatuan Global

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan persatuan global dalam memerangi pandemi virus korona (covid-19). Sekaligus menepis kritik Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, terkait penanganan pandemi oleh agensi.

Saat WHO bersiap menandai 100 hari semenjak ke-1 kali wabah muncul di Tiongkok, Direktur Jend. WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, membalas tudingan bahwa lembaga PBB itu berlebihan dekat dengan Beijing.

Tedros malah mendesak AS untuk berkoalisi dengan Tiongkok dalam memerangi virus mematikan, dibanding saling menyalahkan. Dia pun mengeluarkan pembelaan keras kepada manajemen pandemi WHO.

Baca juga: Kematian Melebihi 14.600, AS Tertinggi seusai Italia

“AS dan Tiongkok wajib bersatu dan memerangi musuh yang berbahaya,” ucap Tedros dalam konferensi pers virtual dari Jenewa, Swiss.

“Fokus dari seluruh pihak ialah menyelamatkan rakyat mereka. Tolong jangan mempolitisasi covid-19. Kalau Anda ingin mempunyai lebih banyak kantong mayat, silahkan melakukannya. Kalau Anda tidak ingin banyak kantong mayat, jangan lakukan politisasi,” pungkasnya.

Tedros juga Tidak mau tudingan Trump bahwa WHO amat Tiongkok sentris. Dia menekankan WHO dekat dengan saban negara, tanpa melihat kelir. melansir angka Perkara kematian dan hitungan total infeksi, Tedros mengumumkan permintaan.

Baca juga: Trump Ancam Tahan Pendanaan untuk WHO

“Untuk Tuhan, apakah ini tidak cukup?” serunya.

Badan kesehatan PBB berhadapan dengan kritik di masa lalu. Mulai dari bereaksi keterlaluan sampai bergerak berlebihan lambat dalam memerangi epidemi. Tapi, jarang berhadapan dengan kontrol banyak selama pandemi covid-19.

READ
Tulisan Gus Ishom: Nasihat untuk Nur Sugik (“Gus” Nur)

sebelum ini, Trump mengancam akan memotong suntikan biaya AS untuk WHO. Trump menuding lembaga PBB itu bias ke Tiongkok selama pandemi. Sumbangsih AS untuk WHO pada 2019 melebihi US$ 400 juta, atau nyaris 2 kali lipat dari donor negara terbesar ke-2. Situs WHO mempertunjukkan AS selaku pendonor Inti menyumbang nyaris 15% dari kebutuhan anggaran.(CNA/France24/OL-11)




Balas Kritikan Trump, WHO Serukan Persatuan Global

loading...

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *