Begini Cara Kastemer Listrik 450 VA dan 900 VA Dapatkan Token Gratis

Begini Cara Kastemer Listrik 450 VA dan 900 VA Dapatkan Token Gratis

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan, PT PLN (Persero) akan membagikan token listrik gratis untuk kastemer prabayar listrik golongan 450 voltampere (VA) dan subsidi 900 VA selama 3 bulan ke depan.

Hal tersebut sesuai dengan bagian poin yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020.

Di dalam Perppu itu disebutkan adanya pembebasan ongkos listrik 3 bulan untuk 24 juta kastemer listrik 450 VA dan potongan harga 50 % untuk 7 juta kastemer 900 VA.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi menjelaskan, cara pengakuan token gratis sama dengan pada waktu PLN memberikan kompensasi pemadaman listrik massal yang terjadi pada Agustus 2019.

“Untuk yang token sejatinya PLN telah ada pengalaman waktu beri kompensasi waktu black out kemarin,” katanya dalam konferensi video, Rabu (1/4/2020).

Lebih detail, imbuh Hendra, nantinya pemerintah bersama-sama PLN akan mempersiapkan aplikasi, sehingga nantinya kastemer cuma Penting memasukan ID pemakai listrik, lantas voucher token akan muncul.

“Jadi telah ada aplikasi konsumen, nanti tinggal masukin ID kastemer, lalu akan dapat voucher, dan tinggal masukkan saja. Jadi saya rasa telah cukup valid diimplemetasikan tatkala blackout,” jelas Hendra.

Sementara itu, Direktur Jend. Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menerangkan, besaran token gratis yang akan diberikan untuk kastemer golongan 450 VA akan dihitung berdasar pemanfaatan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir.

READ
Ribuan Masker Digasak dari Kantor Dinkes Kalteng

Rida memastikan, pihaknya bersama-sama dengan PLN telah memilki data terkait profil pemanfaatan listrik kastemer selama beberapa bulan terakhir.

Dengan seperti ini, PLN akan memberikan token gratis dengan besaran yang ditetapkan dengan mengambil data pemanfaatan listrik terbesar semenjak Januari sampai Maret 2020.

“Kami dan PLN, telah punya profile-nya dari masing-masing kastemer dan mereka kepergok beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa dan itu lah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan angka maksimumnya,” kata Rida.

Kementerian ESDM dan PLN juga akan mempergunakan skema penghitungan besaran yang sama untuk kastemer listrik golongan 900 VA subsidi.

Tetapi bedanya, sesudah nanti ditemukan berapa ongkos pemanfaatan listrik terbesar selama 3 bulan terakhir, akan dipotong sebesar 50 %.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden Jokowi, dimana kastemer listrik golongan 900 VA subsidi memperoleh potongan sebesar 50 %.

“Sebagaimana disampaikan presiden akan diberikan potongan harga 50 % dari ongkos pemakaian dan beban, nah itu akan dikalikan 50 %, intinya membayar 50 % lah,” ujar Rida. [kompas.com]


Begini Cara Kastemer Listrik 450 VA dan 900 VA Dapatkan Token Gratis

loading...

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *