Berdamai dengan Virus Corona

Berdamai dengan Virus Corona

LADUNI.ID, Jakarta – Fakta waktu ini:

  • 15-20% orang yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala klinis, berjalan-jalan di antara kita. Walaupun tanpa gejala klinis, mereka sanggup menularkan Virus Corona ke orang di sekitarnya.
  • 75-80% orang yang terinfeksi akan mengalami gejala klinis ringan yang mirip dengan flu.
  • 3-5% orang yang terinfeksi akan tampak dengan gejala klinis berat, bahkan sebagian dapat meninggal bila usianya lanjut, dan mempunyai penyakit lain. Di dalam dunia Kedokteran disebut mempunyai comorbiditas.

Comorbiditas yang berbahaya ialah penderita TBC paru, kencing manis, penyakit jantung Ischaemic yang tidak terkontrol, dan penyakit darah tinggi yang tidak terkontrol.

Waktu ini mungkin telah puluhan ribu sampai ratusan ribu orang Indonesia yang telah pernah terinfeksi Covid-19 tanpa dan/ atau dengan gejala klinis dan tengah berjalan-jalan di antara kita dengan herd immunity. Bila serum darah mereka diambil dapat dijadikan obat TPK – Terapi Plasma Konvalesen bagi penderita Covid-19 klinis berat.

Jalan keluar yang ada di tangan kita waktu ini khususnya membangun herd immunity, dan mengobati Perkara klinis berat dengan TPK. Kiranya pemerintah Indonesia punya nyali mengambil jalan ini.

Inilah bentuk perdamaian kita dengan Covid-19.

Semenjak Januari 2020 yang lalu saya telah menjelaskan Lockdown bukan jalan keluar. Lockdown akan merugikan perekonomian dan kehidupan warga di Indonesia; mengakibatkan jutaan orang kehilangan pencaharian, dan juga menimbulkan kekurangan gizi, kekurangan makan, bahkan kematian yang jumlahnya lebih besar dari kematian sebab Covid-19.

READ
Manfaat Istiqomah Membaca Wirid Al-Latif

Membangun herd immunity dan TPK ialah jalan keluar akhir tanpa merusak tatanan kehidupan perekonomian.

Sekarang kita dan Pemerintah Indonesia belum terlambat untuk merubah cara pendekatan kita.

Menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun selama 20 detik, lantas dibersihkan di air mengalir mesti kita jadikan budaya kesehatan warga yang baru.

Itulah bentuk perdamaian kita dengan infeksi Covid-19, seperti yang sudah kita lakukan dengan HIV, Polio, Campak, Demam Berdarah, dan TBC.

Salam Sehat…!


*) Oleh dr. Berlian Siagian, Lecturer in Strategic Management Universitas Pelita keinginan.


Berdamai dengan Virus Corona

loading...

Recommended For You

About the Author: Asep Sunandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *