Kategori
Berita

BMKG: Gelombang tinggi berbahaya bagi pelayaran di pantai barat Aceh

Bagi nelayan yang mau melaut, disarankan agar mencari ikan di kisaran pinggir pantai yang tidak jauh dari daratan.

Banda Aceh (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Memperingatkan ke nelayan dan pelaku pelayaran di wilayah pantai barat selatan Aceh fenomena gelombang dengan ketinggian mencapai enam meter semenjak Sabtu sampai Minggu (8/6).

“Kami imbau masarakat nelayan agar berhati-hati saat melaut, sebab ketinggian gelombang laut ini amat berbahaya bagi keamanan,” kata Koordinator Data dan Info Stasiun Meteorologi SIM Banda Aceh Zakaria, di Banda Aceh, Sabtu.

Zakaria menjelaskan, gelombang laut dengan ketinggian 5 sampai enam meter tersebut Ada di perairan pantai barat selatan Aceh meliputi Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Pulau Simeulue, serta Aceh Singkil.

Kecuali berbahaya bagi aktivitas nelayan, kata dia, tingginya gelombang laut tersebut juga amat membahayakan keamanan bagi kapal penumpang yang berlayar waktu arus balik Lebaran ini.

“Bagi nelayan yang mau melaut, disarankan agar mencari ikan di kisaran pinggir pantai yang tidak jauh dari daratan,” kata Zakaria lagi.

meskipun pun aman, ia meminta nelayan agar tetap waspada kalau melaut sebab waktu Ada di laut lepas, keadaan nelayan juga termasuk berbahaya apabila tidak berhati-hati, katanya pula.

Baca juga: BMKG ingatkan tinggi gelombang di perairan Aceh mencapai enam meter

Baca juga: BMKG: Gelombang tinggi capai 4 meter di perairan Sumut-Aceh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Antara

BACA JUGA :   Kendalikan Perkara PMK, Kalsel dapat alokasi 4.200 dosis vaksin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.