BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

Pemerintah menetapkan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah yang Adalah penanda Idul Fitri 2020 jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

Maklumat Idul Fitri 1441 Hijriah disampaikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi sesudah menggelar sidang isbat pada Jumat (22/5/2020).

” Sidang isbat secara bulat mengumumkan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Maret 2020,” kata Fachrul Razi.

Penetapan Idul Fitri ini Adalah hasil sidang isbat yang dilaksanakan Kementerian Agama bersama-sama sejumlah ulama, organisasi Islam, dan pemangku kepentingan.

Sidang isbat dilaksanakan dengan mempertimbangkan hasil hisab (berdasar perhitungan astronomi) dan rukyatul hilal atau pengamatan hilal/bulan baru.

Adapun, rukyatul hilal dilaksanakan dari 80 titik pengamatan dari bermacam penjuru wilayah Indonesia.

Protokol kesehatan

Tahun sekarang tak sama dari sebelumnya sebab sidang dilaksanakan dengan mempergunakan protokol kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Tanah Air.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk ikut hadir sidang dibatasi cuma dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim melalui Penjelasan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tahapan sidang isbat terbagi atas sejumlah sesi. Pada sesi ke-1 yang diawali pukul 17.00 WIB, disampaikan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 Hijriah oleh member Falakiyah kementrian agama Cecep Nurwendaya.

READ
Mudik Dicegah, Ini Kriteria Orang-orang yang Diperbolehkan Bepergian

seusai maghrib, sidang dibuka Menteri Agama Fachrul Razi, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di semua Indonesia. [kompas.com]


BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

loading...

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *