Cara Membikin Yogurt di Rumah, Mudah dan Hemat
Cara Membikin Yogurt di Rumah, Mudah dan Hemat

Cara Membikin Yogurt di Rumah, Mudah dan Hemat!

Diposting pada
Views: 21
Read Time:2 Minute, 10 Second
Hobi mengonsumsi yogurt? Yogurt Adalah olahan susu yang sudah difermentasikan, rasanya manis asam dan mempunyai tekstur yang halus.Yogurt juga mempunyai kandungan mineral, vitamin B dan protein yang berguna untuk tubuh kau. Mengonsumsi yogurt tiap-tiap hari dapat memperlancar pencernaan dan membikin tubuh kau lebih segar dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Ternyata membikin yogurt itu mudah loh! Kecuali tanpa bahan pengawet dan bahan lainnya, kau juga tahu takaran dan tentunya akan lebih hemat juga membikin yogurt sendiri di rumah.

Berikut ini sejumlah cara untuk membikin yogurt sendiri seperti dirangkum detikFood dari beberapa sumber.

Bahan yang dibutuhkan:

1. 1000 ml susu segar. Kau dapat mempergunakan whole milk atau skim milk.

2. 2 sendok makan plain yogurt (yogurt dengan kandungan bakteri yang masih hidup / bakteri probiotik)

Alat yang dibutuhkan:

1. Panci

2. Stoples dengan tutup (untuk menaruh yogurt)

3. Baskom

Cara membuat yogurt.Cara membikin yogurt. Foto: iStock

Cara membikin:

1. Tuang 1000 ml susu segar ke dalam panci dan panaskan mempergunakan kompor dengan api kecil seraya diaduk perlahan, dapat juga mempergunakan oven dengan temperature sampai 85 derajat celcius. Waktu proses pemanasan pastikan susu jangan sampai mendidih dan hangus pada bagian bawah. Proses ini punya tujuan untuk merubah struktur protein susu agar berubah jadi padat.

READ  Resep Mie Thiau Kuah Ragam Bakso

2. sesudah susu telah cukup panas, angkat susu dan dinginkan dengan menaruh panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air seraya diaduk secara perlahan sampai suhu susu mencapai 43 derajat celcius.

3. Waktu mencapai temperatur yang diinginkan, tuangkan yogurt plain dengan bakteri hidup ke dalam panci yang berisi susu tersebut. Aduk yogurt dengan susu sampai rata secara keseluruhan.

4. Pindahkan susu yang telah tercampur dengan yogurt plain ke dalam stoples bersih. Tutup rapat sehingga tidak menyediakan ruang udara dapat masuk agar proses inkubasinya berjalan dengan sempurna.

5. Waktu proses inkubasi terjadi, diamkan cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Pastikan temperatur waktu proses inkubasi terjadi ada pada 38 derajat celcius. Proses ini akan memakan waktu selama 7 jam. Kian lama didiamkan maka tingkat keasaman akan makin tinggi dan tekstur akan jadi lebih kental.

6. sesudah mendiamkan selama 7 jam atau lebih, dinginkan yogurt yang sudah mengental ke dalam lemari es beberapa jam sebelum dikonsumsi agar yogurt lebih awet atau menambahkan waktu sebelum kadaluarsa sebanyak 1 sampai 2 minggu.

Cara membuat yogurt.Cara membikin yogurt. Foto: iStock

Ternyata mudah kan membikin yogurt sendiri? Telah sehat, murah, hemat dan banyak lagi. Pastikan kau ikut seluruh tahap-tahapnya ya, agar yogurt yang kau buat sukses. Jangan lupa untuk berbagi ke Famili kau ya dan lihat pandangan mereka mengenai hal yogurt buatan kau.

READ  Resep Masakan: Peyek Jangkrik

Simak Video “‘Poteng Jadi’ dan ‘Palopo’, Sajian Nikmat dari Susu Kerbau Sumbawa
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *