971b392ecda2edf62ee9e97681a81c31 1
971b392ecda2edf62ee9e97681a81c31 1

Cegah Penyebaran Virus Corona, Mendagri Tito Anjuran Pilkades Serentak Ditunda

Diposting pada 32 views

Cegah Penyebaran Virus Corona, Mendagri Tito Anjuran Pilkades Serentak Ditunda

Jakarta, Warta Batavia – Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tito Karnavian mengeluarkan surat Anjuran Penundaan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu.

Surat bernomor 141/2577/SJ itu ditujukan untuk Bupati/Walikota di semua Indonesia.

“Surat dikeluarkan dalam rangka menindaklanjuti arahan Bapak Presiden Republik Indonesia tanggal 15 Maret 2020 terkait penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) dan Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 9.A Tahun 2020 mengenai hal Penetapan Status Kondisi Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di lndonesia yang diperpanjang dengan Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020,” kata Tito di Jakarta, Kamis,(26/03/2020)

Dalam surat tersebut, disampaikan hal-hal selaku berikut:

Ke-1, Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 mengenai hal Desa Pasal 31 ayat (2)mengatur bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, untuk menetapkan keputusan strategi penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara serentak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota yang artinya penyelenggaraan pemilihan kepala Desa serentak jadi kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Ke-2, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 mengenai hal Pergantian atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 mengenai hal Pemilihan Kepala Desa pada Pasal 4 ayat (3) mengatur bahwa “Ketentuan lebih detail Soal interval waktu pemilihan kepala Desa secara bergelombang diatur dengan Peraturan Bupati/Walikota”. Sehingga terkait penetapan waktu penyelenggaraan maupun penundaan ialah jadi kewenangan Bupati/Walikota.

READ
Tekan Impor, Kemenperin Pacu Investasi Industri Pelumas di Dalam Negeri

Ketiga, sehubungan dengan angka 1 dan 2 di atas, serta dalam rangka menghambat penyebaran wabah Coronavirus Disease (Covid-19) yang waktu ini meningkat signifikan di semua Indonesia. Kemendagri menganjurkan untuk mengambil Iangkah-langkah selaku berikut :

a. Menunda Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak maupun Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) sampai dengan dicabutnya penetapan status kondisi tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia oleh pihak yang berwenang.

b. Penundaan yang dilaksanakan sebagaimana huruf a tidak membatalkan tahapan yang sudah Dilakukan sebelumnya.

c. Dalam hal proses penyelenggaraan sudah pada tahapan penetapan calon, maka proses tahapan seterusnya yang Ada aktifitas berkumpul orang banyak seperti kampanye calon maupun pemungutan suara untuk dapat ditunda sampai dengan sebagaimana penjelasan huruf a di atas.

d. Berhubungan dengan protokol Nasional penanggulangan bahaya Covid-19 agar hal yang berhubungan dengan Lawatan kerja pada Kepala Desa atau menerima Lawatan dan dan ke Daerah Iain ditangguhkan dengan waktu yang akan diinformasikan kembali.*

Cegah Penyebaran Virus Corona, Mendagri Tito Anjuran Pilkades Serentak Ditunda

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *