china dan amerika serikat
china dan amerika serikat

China Cabut Status Lockdown, AS Positif 43.925 Jiwa dan 547 Jiwa Meninggal

Diposting pada 33 views

China Cabut Status Lockdown, AS Positif 43.925 Jiwa dan 547 Jiwa Meninggal

Kita masih Ada di tengah pusaran badai Covid 19. Sampai jam 12 malam, di semua dunia, hitungan total yang terinveksi 395.657 jiwa , meninggal dunia 14.241 jiwa.

China telah dapat mengendalikan situasi, epicentrum virus ke-1 virus propinsi Hubei yang berpenduduk 60 juta itu, telah mencabut status lockdown, kecuali ibu kota Wuhan. Kerja keras, disiplin tinggi, pemerintah yang tegas menyelamatkan warganya, nyaris keluar dari musibah.

Sebaliknya, Amerika Serikat menurut WHO diramalkan akan jadi epicentrum covid 19 yang baru. Sampai jam 12 malam tadi, hitungan total manusia di AS yang terinfeksi berjumlah 43.925 jiwa dan yang meninggal 547 jiwa. Gubernur New York Andre W Cuomo sampai mendesak pemerintah federal untuk menerapkan “defence production Act“ agar dapat mengeluarkan stock perlengkapan yang dubutuhkan (al ventilator / alat bantu pernafasan kisaran 14000).

Gubernur New York juga menjelaskan kecenderungan Covid 19 tetap meningkat. Dalam kondisi seperti itu ada perdebatan tingkat tinggi, Presiden TRUMP dengan santai menjelaskan agar warga New York melaksanakan “self Carantina“ dan dengan ringannya DIA mengumumkan akan membuka kembali negaranya dengan mudah.

Pernyataan itu disayangkan oleh para ahli kesehatan. Pak Presiden sampeyan jadi bersikap berlebihan “ fleksible“.
Saban negara punya cara masing masing yang tak sama, China dengan “cara keras”, Amerika sebaliknya, tergantung situasi dan keputusan strategi pemimpinnya.

Kita seluruh penduduk bangsa, sebaiknya ikut usaha yang ditunaikan pemerintah dan juga tetap bedoa agar kondisi di tanah air makin baik dan covid 19 dapat diatasi secepatnya. Politisasi virus hendaknya dihindarkan dan kritik – masukan serta keluhan warganya dapat ditanggapi secara bijak. Insya, April wabah mulai meluncur turun, Insya Allah. Amien.

Rabu, 25 Maret 2020.

READ
Karomah Masa Kecil KH Utsman Al-Ishaqiy Surabaya

Penulis: KH As’ad Said Ali, Wakil Ketum PBNU 2010-2015.


China Cabut Status Lockdown, AS Positif 43.925 Jiwa dan 547 Jiwa Meninggal

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *