2b5754935e4f8c70157f98fe79a9eb89 1
2b5754935e4f8c70157f98fe79a9eb89 1

Corona Psikosomatik Tengah Merajalela

Diposting pada 28 views

Corona Psikosomatik Tengah Merajalela

Oleh: Rudi S Kamri*)

Opini, Warta Batavia – Psikosomatik ialah suatu keadaan atau gangguan tatkala kecemasan pikiran memengaruhi tubuh, sampai memicu munculnya keluhan fisik. 

Pada umumnya, psikosomatik dapat diartikan selaku penyakit atau keluhan fisik yang dikarenakan maupun diperburuk oleh pengaruh faktor mental pada diri seseorang. Psikosomatik biasanya berawal dari problem psikologis, seperti takut, stres, depresi, atau cemas.

Nah menurut pengamatan saya, waktu ini tengah merajalela gejala psikosomatik yang  dialami oleh sebagian besar masarakat Indonesia akibat penyebaran penyakit yang dikarenakan oleh virus corona atau istilah saya “corona psikosomatik”.

Fenomena psikologis ini amat wajar terjadi sebab paparan info mengenai hal korban corona yang berjatuhan masuk secara masif dan bertubi-tubi ke otak kita dari semua dunia termasuk di Indonesia.

Mungkin corona psikosomatik ini tidak saja terjadi di Indonesia tapi nyaris pasti terjadi di semua dunia. Kecepatan meluasnya gejala corona psikosomatik diamplifikasi oleh paparan berita dari media mainstream maupun media sosial yang masif menerjang otak manusia di bumi ini termasuk di Indonesia.

Celakanya gejala corona psikosomatik menyebabkan menurunnya keadaan tubuh yang berdampak pada turunnya imunitas atau kekebalan tubuh. Dan pada waktu keadaan tubuh drop otomatis kita jadi makin rentan terpapar oleh virus corona yang ganas menerjang. Ini yang menyebabkan korban corona makin hari makin bertambah.

READ
Presiden Joko Widodo Ikuti KTT LB G20 dari Istana Bogor

Tentu saja korban paparan Covid-19 bukan semata dikarenakan oleh corona psikosomatik saja. Paparan virus corona secara langsung atau tidak langsung masih Adalah penyebab Inti. Tetapi terjadinya corona psikosomatik menurut saya juga mempunyai Sumbangsih besar dalam bertambahnya korban.

Lalu bagaimana cara kita terhindar dari kecemasan yang keterlaluan akibat corona? 

Yang paling Inti ialah pahami secara baik apa itu Covid-19. Pelajari dan kenali dengan baik kategori virusnya, bagaimana penyebarannya dan bagaimana usaha pencegahannya. Cari info valid mengenai hal Covid-19 dari sumber legal yang dipercaya. Jangan serta merta percaya postingan dari media khususnya media sosial yang banyak berisi info yang menyesatkan.

Ikhtiar perilaku hidup bersih dan sehat serta menghindari kemungkinan penyebaran virus corona ditambah dengan power doa yang berserah ke Tuhan Sang Penguasa Alam dan Kehidupan, menurut saya Adalah cara yang ampuh untuk kita terhindar dari corona psikosomatik.

Kecuali itu optimisme bahwa penyakit ini dapat disembuhkan dan penyebaran virus corona ini dapat dihentikan juga obat mujarab agar kita tidak terkena sindrom corona psikosomatik.

Saya bukan dokter, psikiater atau juga psikolog. Tulisan ini berdasar literatur yang saya baca serta Adalah analisis pribadi menyaksikan fenomena yang terjadi di kisaran kita. Bagi para profesional medis atau psikologi dapat melengkapi paparan saya atau mengkoreksi pandangan dan analisa saya jika salah.

READ
Bagaimana Hukum Mempergunakan Medsos di Masjid?

Berhadapan dengan penyebaran virus corona yang menggila kita sungguh mesti waspada tapi jangan jadi panik atau cemas yang keterlaluan. Kita tengah perang, sebagian dari kita pasti tumbang, tapi saya optimis kita pasti menang. Insyaallah

Salam Indonesia Sehat
25032020

*)Rudi S Kamri ialah pengamat sosial politik tinggal di Jakarta

Corona Psikosomatik Tengah Merajalela

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *