Covid19, Waspada boleh, Panik Jagan apa Lagi Acuh

Diposting pada 29 views

Covid19, Waspada boleh, Panik Jagan apa Lagi Acuh

LADUNI.ID, Jakarta – Dunia sudah berhadapan dengan wabah Covid-19 yang biasa di menyebut Corona Virus yang sudah menjangkiti lebih dari 172 Negara.

Virus ini menyebabkan penyakit dengan gejala yang tak sama, menyebar, menghabisi lebih mudah, dan kadang gejalanya tidak kelihatan pada sesorang sehingga sulit untuk dikenali.

Keganasan virus corona telah memakan korban, di Indonesia ratusan orang terpapar, puluhan meninggal dunia dan beberapa lainnya masih dirawat sampai hari ini.

Waspada dan senantiasa menjaga diri ialah hal yang paling pas untuk dilaksanakan waktu ini.

Telah begitu banyak cara dan info dari lembaga kesehatan dalam negeri dan dunia. WHO sendiri menjelaskan bahwa cara paling mudah untuk terhindar dari virus corona ialah dengan rajin mencuci tangan. Adapun masker sebaiknya dipakai cuma oleh mereka yang sakit.

Tapi tidak dapat dipungkiri dengan maraknya pemberitaan virus tersebut membikin kebanyakan masarakat begitu panik. Sehingga mereka mencoba mengamankan diri dengan berbondong-bondong menimbung kebutuhan sehari-hari, masker dan antiseptik  seakan-akan besok negara ini lookdown.

Padahal dengan kepanikan tersebut gamblang tidak mendatangkan kebaikan dalam berhadapan dengan situsi. Sebab dari kepanikan tersebut dapat membikin orang jadi stres sehingga imun tubuhnya rendah dan rentan terkena virus.

Teruntuk masarakat ataupun kubu usia muda dimohon untuk patuh kepada peraturan pemerintah. Misalnya melaksanakan social distancing jangan acuh, karena virus tersebut tidak melihat tempat ataupun usia seseorang.

READ
Buka Rakornas IKADI, Wapres KMA Himbau Tidak Bawa Ayat Perang

Apa lagi yang berumur muda, tatkala terpapar virus tersebut sangatlah barbahaya. Sebab ada yang terkena tanpa gejala dan lalu tidak melaksanakan isolasi diri dan tetap beraktifitas, berkomunikasi dan berinteraksi untuk orang lain.

Problem inilah yang lalu jadi instrumen penyebaran virus jadi lebih cepat. Maka dari selagi masih dapat bekerja, belajar dan beribadah di rumah tolong #dirumahaja, untuk pencegah penyebaran virus tersebut.

Jangan sebab ketidak taatan kita membikin virus ini kian menyebar, bahkan membahayakan orang lain. Mari sama-sama saling Memperingatkan bersatu melaksanakan hal-hal yang dapat melarang penyebaran virus covid-19.

Karena pencegahan virus covid-19 bukan cuma tugas pemerintah, dokter ataupun tim medis lainnya, melainkan tugas kita berbarengan. Jadi tetaplah waspada untuk melarang, jangan panik sehingga menimbulkan problem baru.

Apa lagi acuh, sebab dapat saja akan menambah korban dengan kelalaian kita.

Sutanti Idris, S.E.
(Kader PMII Makassar)


Covid19, Waspada boleh, Panik Jagan apa Lagi Acuh

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *