feee21ad47ebbef62bea5bc6119c1020 1
Feee21ad47ebbef62bea5bc6119c1020 1

Dampak Terburuk Virus Corona, Pemprov DKI Didorong Lakukan Karantina Wilayah

Diposting pada 24 views

Dampak Terburuk Virus Corona, Pemprov DKI Didorong Lakukan Karantina Wilayah

 

Jakarta, Warta Batavia – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan simulasi penyebaran virus korona atau covid-19. Beberapa skenario digambarkan dalam simulasi itu.

“Dari hasil simulasi forkopimda, DKI Jakarta paling banyak terpapar oleh virus ini. Skenario terburuk ialah dapat mencapai 6.000-8.000 orang positif,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono dalam video konferensi pers di Jakarta, Kamis, (26/3/2020).

Untuk mencegah meledaknya pasien korona, pemerintah pusat membuka RS darurat di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. RS di DKI tidak punya daya tampung sebanyak itu.

“Ini back-ground didirikan di RS darurat. Pemerintah telah mengaktivasi apabila penyebaran virus ini tidak dapat kita bendung,” kata Eko.

Sementara itu,  di tempat yang tak sama, Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad memotivasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menerapkan karantina wilayah berdasar tingkat risiko penyebaran virus korona (covid-19). Menurut dia, karantina dapat ditunaikan di kelurahan dengan tingkat penyebaran korona tinggi.

“Kecuali dapat mengurangi penyebaran Perkara, dampak ekonomi yang ditimbulkan juga tidak berlebihan berat,” ujarnya di Jakarta, Kamis, (26/3/3030).

Menurut dia, kelurahan mempunyai unit pengamatan yang kecil. Sehingga Pemprov DKI lebih mudah mengawasi dan memenuhi kebutuhan penduduk yang dikarantina. Seperti distribusi pangan dan obat-obatan.

Idris menganggap karantina tingkat kelurahan lebih efektif kalau diikuti karantina sektoral. Membatasi jam operasional atau menutup pusat keramaian untuk sementara waktu, seperti pasar dapat ditunaikan.

READ
Angkatan bersenjata AS Tanggapi Berita Tewasnya Seorang Jend. Iran Serbuan Teranyar AS di Irak

“Untuk pasar, Pemprov DKI dapat membatasi operasional cuma sekian jam per hari atau cuma dibuka pada hari-hari tertentu, khususnya pasar yang tidak menjual bahan makanan,” tandasnya. (rnl)

 

Dampak Terburuk Virus Corona, Pemprov DKI Didorong Lakukan Karantina Wilayah

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *