Di Tengah Pandemi Covid-19, Korut Kembali Tembakkan Misil

Di Tengah Pandemi Covid-19, Korut Kembali Tembakkan Misil

KOREA Utara (Korut) menembakkan 2 misil balistik jarak pendek ke laut dekat pantai timur, Minggu (29/3).  Aksi aksi tembak misil sudah dikerjakan dalam 1 bulan ini di tengah merebaknya pandemi virus korona.

2 roket yang ditembakkan ke arah timur dari kota pelabuhan Wonsan dan meroket sejauh 230 kilometer dengan ketinggian 30 kilometer mencapai Laut Jepang yang dikenal dengan nama Laut Timur.

Pernyataan tersebut disampaikan para Staf Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) di Seoul, Korsel, Minggu (29/3).   

“Aksi angkatan bersenjata yang dikerjakan Korea Utara ialah tindakan yang amat tidak layak waktu semua dengan berhadapan dengan kerepotan dikarenakan wabah Covid-19,” kata mereka.   

Kemenhan Jepang menjelaskan ‘benda yang menyerupai misil balistik’ tidak melintasi perairan Jepang atau zona ekonomi eksklusif Jepang.

Peluncuran roket misil teranyar bahkan terjadi sesudah Korut melaksanakan Komitmen dengan Amerika Serikat (AS) mengenai hal pelucutan senjata yang diplaningkan lama.

Minggu lalu, Korut yang memilki senjata nuklir meyakini bahwa misil balistik jarak pendek selaku ‘senjata panduan taktis’ baru. 

Sehari sesudah aksi Korut sebelumnya media Korut mengabarkan bahwa Presiden AS Donald Trump menyampaikan surat ke Pemimpin Korut Kim Jong-un yang isinya AS ingin menjalin hubungan lebih dekat.

Dakam berita itu, saudara wanita Kim Jong-un, Kim Yo Song, yang dilansir ucapannya, menerangkan bahwa hubungan pribadi yang baik antara ke-2 pemimpin belum cukup untuk memperkuat hubungan lebih luas.

READ
Optimis, Joko Widodo Percaya Indonesia Dapat Hadapi Covid-19

“Dalam surat, dia…menerangkan rencannya untuk mendukung hubungan ke-2 negara antara DPRK (Republik Demokrasi Rakyat Korea) dan AS serta mengungkapkan keinginan Trump untuk bekerja sama dalam aksi mengatasi pandemi,” kata Kim Yo Song dalam pernyataan yang dilansir Kantor Pusat Berita Korut (KCNA). (AFP/OL-09)   

 




Di Tengah Pandemi Covid-19, Korut Kembali Tembakkan Misil

loading...

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *