Kategori
Berita

Disurati Hamas, Kemenlu Pastikan Pemerintah RI Aktif Galang Dukungan

Disurati Hamas, Kemenlu Pastikan Pemerintah RI Aktif Galang Dukungan » Warta Batavia

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memobilisasi ISIS dan dukungan internasional untuk Palestina. Kementerian Luar Negeri Indonesia memastikan bahwa pemerintah Indonesia telah dan terus menggalang dukungan dari negara-negara di dunia untuk penyelesaian konflik Israel-Palestina.

“Terlepas dari adanya surat tersebut, Indonesia telah dan terus aktif menggalang dukungan negara-negara di dunia untuk penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui berbagai jalur,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat dihubungi, Kamis. (20/5/2021).

Faizasyah mengatakan salah satu jalur yang ditempuh adalah bilateral dengan komunikasi yang intens dengan berbagai mitra Indonesia. Tidak hanya itu, kata dia, pemerintah juga terus menggalang dukungan melalui jalur kerja sama daerah.

Jalur bilateral, melalui komunikasi intens Menlu RI (Retno Marsudi) dengan banyak mitranya, jalur kerjasama regional melalui deklarasi bersama 3 kepala pemerintahan (RI, Malaysia dan Brunei), katanya.

Tidak hanya itu, Faizasyah mengatakan, pemerintah Indonesia juga mendapat dukungan melalui jalur multilateral, yakni OKI dan gerakan nonblok. Menurutnya, dukungan yang ia kumpulkan berasal dari upaya yang juga didorong oleh Indonesia ke PBB dan Dewan Keamanan PBB.

“Semuanya bermuara pada upaya yang didorong Indonesia ke Sidang Umum PBB sekaligus mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menjalankan mandatnya sesuai dengan amanat Piagam PBB,” ujarnya.

“Indonesia melakukan diplomasi seperti di atas. Menggunakan berbagai forum yang ada untuk memperjuangkan penyelesaian konflik,” lanjut Faizasyah.

Seperti diketahui, Ismail Haniyeh mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Haniyeh meminta Jokowi memobilisasi ISIS dan dukungan internasional untuk Palestina.

Seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (20/5/2021), surat tersebut disampaikan kepada Jokowi pada Selasa (18/5). Dalam suratnya, militan Palestina itu menulis tentang meningkatnya agresi Israel terhadap Palestina.

BACA JUGA :   BPIP imbau generasi muda berhati-hati pahami konten agama di internet

“Kami meminta Anda untuk segera bertindak dan memobilisasi dukungan Arab, Islam dan internasional, dan untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas untuk memaksa pendudukan Israel segera mengakhiri agresi dan terornya di Jalur Gaza,” kata Haniyeh dalam suratnya.

Haniyeh juga meminta Jokowi menyerukan diakhirinya kekerasan di Yerusalem dan penduduknya. Termasuk masalah penggusuran paksa dan diskriminasi rasial terhadap warga Palestina.

“Termasuk skema yudisasi, permukiman, penggusuran paksa dan diskriminasi rasial, serta pencabutan semua keputusan terkait gerbang dan lingkungannya, khususnya lingkungan Syekh Jarrah,” lanjutnya. [detik.com]


Disurati Hamas, Kemenlu Pastikan Pemerintah RI Aktif Galang Dukungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *