Doni Monardo Jadi Komisaris Utama Inalum

Doni Monardo Jadi Komisaris Utama Inalum Doni Monardo Jadi Komisaris Utama Inalum

Letjen (Purn.) Doni Monardo resmi diangkat sebagai Komisaris Utama PT Inalum (Persero). Pengangkatan ini dilakukan sesuai dengan keputusan RUPS tahunan perseroan pada 10 Juni 2021.

Mantan Ketua Gugus Tugas Covid-19 ini akan mengawal kinerja Inalum yang memimpin BUMN pertambangan yang beranggotakan PT Freeport Indonesia, PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan saham minoritas di PT Vale Indonesia Tbk.

Kiprah Doni Monardo dalam menyelamatkan lingkungan menjadi alasan Menteri BUMN Erick Thohir mengangkatnya sebagai Komisaris Utama Inalum. Selain itu, Doni Monardo baru-baru ini menerima gelar doktor kehormatan dari IPB atas dedikasi dan jasanya dalam menyelamatkan lingkungan.

“Peran Pak Doni sangat penting. Selanjutnya, pengalaman, kapasitas, jaringan dan prestasinya tidak diragukan lagi. Keberhasilannya dari Aceh hingga Papua, dari restorasi DAS Citarum, penghijauan di Sulawesi Selatan hingga yang terakhir dalam mitigasi. Pandemi COVID-19, katanya, mengusulkan dialog dan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk mengatasi masalah dan membuat kemajuan,” kata Erick Thohir dalam keterangannya, Jumat (6/11/2021).

“Kepeduliannya dan kiprahnya di bidang restorasi lingkungan menjadikannya sosok yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara pemberdayaan dan upaya kelestarian lingkungan yang dilakukan Inalum dan anak perusahaannya,” lanjutnya.

Doni Monardo merupakan salah satu mantan pejabat tinggi negara yang diangkat sebagai presiden dan komisaris BUMN. Dalam beberapa pekan terakhir, mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro diangkat sebagai Presiden dan Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Erick menambahkan, BUMN membutuhkan keragaman pemimpin dari beragam latar belakang, keterampilan, dan pengalaman untuk mentransformasikan diri menjadi perusahaan profesional kelas dunia.

Ia juga mencontohkan, seluruh jajaran manajemen BUMN akan mendapatkan pembinaan melalui Lembaga Pembelajaran dan Manajemen BUMN (BLMI).

BACA JUGA :   PPKM Darurat, Menko PMK: Bansos Tunai Sudah Disalurkan Secara Bertaha

Tujuannya agar ada kesepahaman dan kecepatan di antara direksi, komisaris dan manajemen untuk mendukung pelatihan para pemimpin kelas dunia yang mampu meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN yang dipimpinnya.

“Seluruh komisaris, direksi dan manajemen BUMN apapun latar belakangnya akan menjalani sesi orientasi baru bergabung, pelatihan lanjutan selama masa jabatannya, serta pelatihan tingkat lanjutan untuk top talent di BLMI,” kata Erick Thohir. [detik.com]


Doni Monardo Jadi Komisaris Utama Inalum

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *