Epidemiolog Unair Ungkap Strategi Hentikan Pandemi Covid-19

IMG 20210305 221743 Epidemiolog Unair Ungkap Strategi Hentikan Pandemi Covid-19

Epidemiolog Unair – Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Windhu Purnomo menyampaikan strategi menghentikan pandemi Covid-19. Menurut dia upaya testing, tracing, treatment serta penegakan protokol kesehatan masih diperlukan. Meskipun saat ini program vaksinasi Covid-19 sudah digulirkan pemerintah.

Dia mengatakan upaya testing bisa dilakukan dengan cara identifikasi masyarakat melalui rapid test berbasis antigen. Kemudian untuk upaya tracing dilakukan melalui pencarian dengan cepat masyarakat yang terpapar Covid-19. Lalu tindakan treatment adalah memberikan perawatan dan pengobatan kepada pasien dengan Covid-19.

’’Selain testing, tracing, dan treatment, perlu penegakan protokol kesehatan,’’ katanya Senin (4/3). Menurut dia pemerintah juga terus berupaya meningkatkan jumlah testing di masyarakat. Upaya ini dilakukan karena testing merupakan langkah awal dalam proses penanganan pandemi. Yaitu sebagai kunci dalam identifikasi kasus Covid-19.

Epidemiolog Unair dan Cara Hentikan Pandemi Covid-19

Epidemiolog Unair Ungkap Strategi Hentikan Pandemi Covid-19
Epidemiolog Unair Ungkap Strategi Hentikan Pandemi Covid-19

Windhu Purnomo juga terus mengingatkan supaya ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan. Supaya pandemi Covid-19 di Indonesia bisa cepat terkendali. Dia juga mengingatkan bahwa upaya penanganan pandemi tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri. Tetapi juga perlu keterlibatan dari seluruh elemen bangsa Indonesia.

Di antara pihak swasta yang terlibat dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 adalah Manulife. Mereka memberikan layanan tes antigen, khususnya kepada masyarakat kurang mampu atau prasejahtera. Selain itu mereka juga menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk penanganan Covid-19. (*)


Epidemiolog Unair Ungkap Strategi Hentikan Pandemi Covid-19

BACA JUGA :   Covid-19 Masih Ada, Pakai Masker Jangan Berhenti

Recommended For You

About the Author: Agus Mulyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *