Kategori
Masak

Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas Solo

Jakarta – Makanan khas Solo dapat jadi pengobat kangen. Seperti bistik sapi bergaya Belanda yang gurih manis. Atau garang asem ayam yang gurih segar. Sedap!Selaku pusat budaya Jawa, Solo punya kuliner unik. Kecuali makanan Jawa juga ada kuliner dengan pengaruh Belanda. Bistik Jawa bagian sajian gaya kolonial yang populer sebab lezatnya.

Olahan ayam tradisional khas Solo yang terkenal ialah garang asem ayam. Potongan ayam dengan bumbu minimalis ini dimasak dalam bungkus daun sampai halus dagingnya. Menyegarkan disantap siang hari.

Tempe Adalah santapan harian yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat Solo. Kecuali digoreng polos, atau dibuat tempe bacem, tempe juga diolah jadi tempe goreng tepung yang renyah dan gurih rasanya.

Jikalau bosan dengan makanan harian yang itu-itu saja, cobalah intip resep-resep rekomendasi detikfood ini. Sajian khas Solo yang sedap pasti membikin Famili ghirah menyantapnya.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas SoloFoto: detikfood

1. Bistik Jawa

Namanya diambil dari bahasa Belanda ‘biefstuk’ utawa sepotong daging. Sajian ini tidak sama dengan beefsteak gaya Amerika yang menggunakan saus. Bumbu dan sausnya dimasak berbarengan dagingnya sampai meresap dan empuk.

Sebab itu sebaiknya pilih daging has dalam sapi. Simpan dalam lemari es sampai agak keras. Berikutnya iris tipis melintang serat supaya daging sapi cepat empuk.

Kalau telah dibumbui komprehensif dengan kecap manis, pala dan merica, masak daging dengan api kecil agar bumbu meresap dengan sempurna. Selaku pelengkap dapat disajikan dengan setup sayuran dan kentang rebus. Ikuti cara pembuatnnya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas SoloFoto: istimewa

2. Garang Asem Ayam

Olahan ayam yang klasik dan tradisional ini senantiasa buat orang ingin menikmatinya lagi. Rasanya gurih segar. Sebab dimasak dengan ‘slow cooking’ bumbunya meresap. Ditambah daun pisang yang jadi pembungkusnya memberi aroma wangi.

BACA JUGA :   10 RESEP MASAKAN SEHARI-HARI YANG LEZAT, SPESIAL DAN PRAKTIS

Kalau ada sebaiknya gunakan ayam kampung muda yang gemuk. Potong jadi 10 atau 12 potong. Ini agar daging ayam cepat lunak waktu dikukus. Tambahan belimbing sayur atau tomat muda akan memberi rasa asam segar sekaligus mengempukkan daging ayam.

Agar bungkus daun pisang tidak bocor dan sobek. Gunakan daun pisang batu, lapis jadi 2 lembar bertumpuk. Bungkus bentuk tum dan semat kuat dengan lidi. Tahap pembuatan garang asem ini dapat dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas SoloFoto: detikfood

3. Tempe Goreng Cabe

Tempe Adalah bahan makanan paling murah dan bernutrisi. Enak diolah jadi bermacam masakan salah satunya tempe goreng tepung. Rasa gurih tempe makin enak dengan lapisan tepung yang garing renyah.

Pilih tempe yang padat yang telah full fermentasinya. Tempe ini biasanya terbuat dari kedelai murni. Iris melintang tipis 1/4 cm dengan ukuran yang sama besar. Rendam dulu dengan bumbu sebelum dilapisi tepung.

Celupan irisan tempe dalam adonan, berangsur, 1 persatu ke dalam minyak panas dan banyak. Pastikan semua bagiannya terendam minyak sampai jadi kuning keemasan dan kering. Cara membikin tempe ini dapat dilihat di sini.

Simak Video “Gurih Sedap Ayam Kampung dan Garang Asem Khas Jawa
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.