1584710432
1584710432

Gel Pembersih Tangan Sulit di Pasaran, Unusa Buat 100 Botol

Diposting pada
Views: 15
Read Time:1 Minute, 36 Second

Gel Pembersih Tangan Sulit di Pasaran, Unusa Buat 100 Botol

Surabaya, Warta Batavia
Satgas Covid-19 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bersama-sama maha siswa Fakultas Kedokteran kampus tersebut membikin hand sanitizer (gel pembersih tangan) sendiri. Hal ini dikerjakan sebab keberadaannya di pasaran sulit dan mahal.

Dengan mempergunakan bahan seperti etanol, gliserin, dan akuades, para maha siswa dipandu Ketua Tim Satgas Covid-19 Unusa dokter M Fifin Kombih Mengawasi takaran yang telah disesuaikan oleh Badan Kontrol Obat dan makanan (BPOM).

“Ini kami membikin berdasar rekomendasi dari BPOM yang nantinya untuk mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Unusa,” kata M Fifin Kombih, Jumat (20/3).

Satgas Covid-19 Unusa membikin kisaran 100 botol gel pembersih tangan. Ini nantinya dipakai untuk memenuhi kebutuhan di lingkungan kampus setempat.

 

Pembuatan gel pembersih ini melibatkan maha siswa untuk menambah Skill sehingga dapat mengetahui bagaimana cara membikin hand sanitizer sendiri. 

Laki-laki berumur 35 tahun sekarang menerangkan kalau gel pembersih tangan ini dapat dibuat oleh masarakat. Tetapi dirinya Memperingatkan untuk sesuai takaran dari BPOM. “Sebab itu sesuai dengan standard dari WHO yang telah disesuaikan,” bebernya.

Nantinya, gel tersebut masih wajib didiamkan dalam botol selama 72 jam atau 3 hari. “Itu untuk memaksimalkan daya-kerja hand sanitizer itu,” gamblang Fifin.

Dalam pembuatan gel tersebut disaksikan langsung oleh Rektor Unusa Achmad Jazidie dan Wakil Rektor 1 Unusa Kacung Marijan. Keduanya memberikan sokongan untuk Satgas Covid-19 Unusa dan maha siswa.

READ  Menakar Bahaya Laten Telkomsel | The Truly Islam

Rektor Unusa menyambut baik langkah Satgas Covid-19 dan maha siswa kedokteran Unusa untuk membikin gel permbersih tangan. “Terpenting itu dapat memenuhi kebutuhan hand sanitizer yang ada di Unusa terlebih dahulu,” katanya.

Tetapi langkah itu tidak menutup kemungkinan hand sanitizer yang dibuat maha siswa dapat didistribusikan ke sekolah atau masjid dan mushala di kisaran Unusa. 

“Selama kebutuhan di internal telah dipenuhi dan kalau lebih efisien, maka dapat untuk dilanjutkan,” pungkas Jazidie. 

Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Musthofa Asrori
 

Gel Pembersih Tangan Sulit di Pasaran, Unusa Buat 100 Botol
Sumber: NU-Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *