Gelar Literasi Digital, Kominfo Ajak Milenial Tangkal Radikalisme

Gelar Literasi Digital Kominfo Ajak Milenial Tangkal Radikalisme Gelar Literasi Digital, Kominfo Ajak Milenial Tangkal Radikalisme
Ilustrasi


Dalam rangka meningkatkan pemahaman literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau generasi milenial di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, untuk melawan gerakan terorisme, radikalisme, dan separatis yang dapat mengancam keutuhan NKRI. .

Dalam rangka menjadikan program Indonesia lebih berkemampuan digital dan memperkuat pemahaman gerakan nasional literasi digital di wilayah Sumatera II, Kominfo menggandeng generasi milenial yaitu siswa sekolah di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Menurut Trimo Ponendri, wakil presiden SMA Negeri 1 Kabupaten Bengkulu Selatan, generasi milenial saat ini menjadi sasaran beberapa kelompok yang ingin menyebarkan gagasan tentang terorisme, radikalisme dan separatisme.

Selain itu, kata Trimo, kelompok ini memanfaatkan laju perkembangan teknologi yang semakin cepat untuk mempengaruhi kaum muda melalui berbagai konten yang telah didistribusikan di banyak saluran media sosial.

“Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pemahaman literasi digital kepada generasi milenial agar dapat lebih bijak dalam menyerap informasi yang didapat di media sosial,” kata Trimo dalam webinar bertajuk “digital growth” yang digelar Kominfo, Minggu. .

Trimo berharap penguatan literasi digital dapat membekali generasi milenial dengan pengetahuan tentang bahaya paham radikal, sehingga memiliki pemahaman dan konfrontasi antara yang baik dan yang jahat.

“Dengan penguatan pemahaman literasi digital, diharapkan generasi milenial masa depan dapat menjadi agen dalam melawan penyebaran pemahaman yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tambahnya.

Oleh karena itu, dengan penguatan literasi digital, generasi milenial mampu mengurangi konten yang menunjukkan tindakan kekerasan, sehingga menimbulkan ketakutan di masyarakat.

“Jadi ketika mereka mendapatkan informasi di media sosial, mereka tidak membagikannya, tetapi mereka menekannya, karena sangat penting untuk memahami literasi digital bagi generasi milenial,” jelas Trimo.

BACA JUGA :   Habib Luthfi Bin Yahya: Siroh Singkat Wali Sanga

Webinar ini juga membahas hal-hal lain seperti tips dan trik bagaimana membuat konten yang menarik bagi generasi milenial serta pentingnya peran orang tua dalam memberikan instruksi keamanan berinternet untuk anak-anak dan sosialisasi e-market untuk mikro, kecil dan menengah – Usaha Kecil Menengah (UKM).

Webinar ini juga menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Creative Concept dan Director of Expert Planet Design Indonesia Oleg Sanchabakhtiar, Psikolog Cyber ​​Group dan HR Manager serta Direktur HR & Development PT. Talenthub Digital Indonesia Davita Variani dan influencer Yulie Sucita.

(suara islami)


Gelar Literasi Digital, Kominfo Ajak Milenial Tangkal Radikalisme

Recommended For You

About the Author: Asep Komarudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *