Goa Pindul Jogja
Goa Pindul Jogja

Goa Pindul Jogja, Mengarungi Sungai Bawah Tanah

Diposting pada 24 views
Tempat Wisata di Jogja yang Anti Mainstream selanjutnya yaitu Goa Pindul Jogja.

Goa Pindul Adalah tempat wisata Cave Tubing (wisata mengarungi sungai dengan mempergunakan ban) yang Ada di desa Gelaran 1, Kel. Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul , Yogyakarta.

Untuk sobat belum tau perbedaan Rafting dan Cave Tubing , kami akan menerangkan sedikit mengenai hal perbedaannya.

Rafting yaitu mengarungi sungai dengan mempergunakan perahu , entah perahu kayu ataupun karet. Adapun Cave Tubing Adalah aktifitas mengarungi sungai mempergunakan ban (body rafting). Untuk Cave Tubing sendiri lebih bersifat santai / tidak begitu memacu adrenaline sebab Cave Tubing biasanya dilaksanakan di sungai dengan aliran air yang tenang.
goa pindul jogja

Sungai Bawah Tanah Di Goa Pindul Jogja

Di Goa Pindul Jogja, sobat akan mengarungi sungai dengan mempergunakan ban karet beserta perlengkapan keamanan yang disediakan oleh pengelola mulai dari pelampung, head lamp, dan sepatu karet. Di sana sobat akan mengarungi sungai yang panjangnya kira-kira 350 meter dengan kedalaman air kisaran 5 – 12 meter.

Walaupun air yang mengalir cukup tenang tetapi aktifitas Cave Tubing di Goa Pindul Jogja juga menegangkan sebab tatkala sobat Ada di dalam goa, sobat sesungguhnya Ada di dalam bumi. Suasana yang gelap dan keberadaan kelelawar di dalam goa menambah ketegangan suasana di dalam Goa Pindul.

ARTIKEL LAINNYA :
5 Tempat Wisata di Jogja yang anti Mainstream

Aktifitas Cave Tubing di Goa Pindul aman

Tetapi tenang saja, sebab aktifitas Cave Tubing di Goa Pindul ini aman.

Kecuali sobat dapat mengarungi sungai dengan mempergunakan ban, sobat juga dapat sesekali terjun kedalam air untuk berenang di sungai Goa Pindul. Walaupun kedalaman air mencapai 12 meter, sobat tidak akan tenggelam sebab waktu sobat memulai Cave Tubing sobat akan dibekali jaket pelampung sehingga tatkala Ada di air sobat tidak tenggelam.

cave tubing goa pindul

Untuk pemandangan di Goa Pindul sendiri juga cukup mempesona. Goa Pindul tersusun dari 7 goa yang mempunyai 3 zona yaitu zona gelap, zona remang, dan zona jelas.

Di zona jelas sobat akan menyaksikan atap goa yang jadi jalan masuk sinar matahari, selain itu di zona yang lain Ada batu kristal, moonmilk, serta stalaktit dan stalagmit yang indah. Sebuah pilar raksasa yang terbentuk dari proses perjumpaan stalaktit dan stalagmit yang usianya mencapai ribuan tahun.

Dan tatkala sobat Ada dalam perjalanan megarungi sungai , guide wisata Cave Tubing seringkali bercerita mengenai hal Goa Pindul. Mulai dari sejarah, penjelasan-penjelasan mengenai hal isi Goa Pindul, dan beberapa mitos Goa Pindul.

Itulah review detail dari bagian Tempat Wisata di Jogja anti Mainstream.

Kalau sobat sering ke Jogja akan tetapi belum pernah berkunjung Goa Pindul , inilah saatnya sobat mencoba Cave Tubing di sungai Goa Pindul. Untuk tiket masuk tempat pindul sobat akan dikenakan ongkos Rp10.000,- , kalau sobat ingin mencoba cave tubing sobat akan dikenakan ongkos tambahan. Tetapi ongkos Cave Tubing di Goa Pindul cukup terjangkau.

ARTIKEL LAINNYA :
Gagal Jadi Fotografer Professional ? Ini 5 faktor Penyebabnya!

Yaitu Rp35.000,- per orang untuk wisatawan lokal, dan Rp50.000,- per orang untuk wisatawan Luar negeri.

Goa Pindul dibuka pada jam 7 pagi sampai jam 4 sore, kalau sobat ingin berkunjung Goa Pindul pastikan Hadir pada pagi hari agar sobat dapat lebih lama dalam menikmati wisata di Goa Pindul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *