Gunakan Masker, MUI-PBNU: Patuhi Imbauan Pemerintah

Gunakan Masker, MUI-PBNU: Patuhi Imbauan Pemerintah


Sumber: tribunnews.com

Jakarta, Warta Batavia– Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta penduduk warga agar mentaati arahan pemerintah soal menggunakan masker saat berpergian ke luar rumah. Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Warga MUI, KH Muhammad Cholil Nafis menjelaskan bahwa kita dalam usaha menjaga kesehatan wajib ikut ahlinya.

“Ya, kita ini wajib menjaga diri dan menjaga kesehatan, maka hasil ilmiah wajib jadi acuan dan ikut anjuran dokter, sebab kita dalam kesehatan wajib menanyakan dan ikut ahlinya,” ucapnya di Jakarta pada Senin (6/4).

Menurut dia, menjaga lebih baik daripada mengobati, yang artinya menjaga kesehatan, menjaga diri dari penyakit, dan menjaga diri dari wabah itu lebih baik daripada mengobati. Ikut anjuran dokter dan patuh ke anjuran pemerintah yang memberikan penjagaan ke warga hukumnya ialah wajib.

“Bahwa tindakan yang kita lakukan dalam rangka patuh ke perintah Allah melalui patuh ke fatwa MUI dan patuh ke ulil amri dalam rangka ikut semua keputusan strategi pemerintah yang tujuannya baik,” katanya.

Sementara Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 PBNU, Makki Zamzami menerangkan bahwa virus corona (covid-19) itu tidak menular melalui udara. “Lalu mengapa wajib mempergunakan masker? Sebab ada beberapa orang yang telah terinfeksi Covid-19 tetapi tidak punya gejala atau orang tanpa gejala (OTG), OTG Covid-19 aktif menularkan (ke orang lain),” ujarnya.

Baca: kementrian agama Keluarkan Edaran Panduan Ibadah Ramadhan Selama Pandemi

“Kadang warga masih melaksanakan aktifitas di luar rumah seperti belanja dan lain sebagainya. Maka warga sebaiknya mempergunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19 bila berjumpa dengan OTG. Supaya tidak tertular dari percikan droplet waktu OTG berbicara,” tambah Makki. (aw/republika/msn).


Gunakan Masker, MUI-PBNU: Patuhi Imbauan Pemerintah

loading...
READ
Ketua Umun PWI : Awak media Tidak Melaksanakan Peliputan Selama Belum Memenuhi Protokol Kesehatan

Recommended For You

About the Author: Asep Komarudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *