H-4 Lebaran Idul Fitri, 4.003 Kendaraan Mudik Dipaksa Putar Balik di Tol Jakarta-Cikampek

H-4 Lebaran Idul Fitri, 4.003 Kendaraan Mudik Dipaksa Putar Balik di Tol Jakarta-Cikampek

Petugas gabungan dari Jasa Marga, kepolisian, dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutar balik 4.003 kendaraan yang terindikasi mudik melalui Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Ribuan kendaraan yang nekat mudik itu dipaksa keluar di gerbang tol terdekat di check point Km 31 Cikarang Barat pada Rabu 20 Mei 2020 atau H-4 Lebaran Idul Fitri 1441 H.

General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati menjelaskan, bahwa ini ialah hitungan total tertinggi semenjak diberlakukannya pengendalian transportasi pada 24 April 2020 lalu.

“Dari total 4.003 kendaraan yang dialihkan tersebut di antaranya kisaran 3.664 ialah kendaraan pribadi dan 339 Adalah kendaraan angkutan penumpang,” kata Miko seperti dilansir dari Antara, Jumat (22/5/2020).

Miko juga menerangkan, lonjakan hitungan total kendaraan yang dikeluarkan ini menimbulkan antrean menjelang tempat check point Pengendalian Transportasi di Km 31 Cikarang Barat tersebut.

“Antrean Menjelang check point tentu saja sebab pihak kepolisian akan mengecek 1 per 1 dokumen perjalanan sesuai dengan syarat dari Gugus Tugas COVID-19. Kalau ada yang tidak memenuhi syarat perjalanan, maka akan ditindak ke luar ke gerbang tol terdekat, GT Cikarang Barat 3,” katanya.

Di samping itu, petugas di lapangan juga selalu mewaspadai bermacam modus yang dikerjakan oleh warga untuk mengelabui larangan mudik.

READ
meskipun Online, MI Wahid Hasyim Laksanakan Wisuda Siswa Siswinya

Waspadai Travel Gelap

Sementara itu Pamen Asistensi Check Point Cikarang Barat Polda Metro Jaya AKBP Sutimin menjelaskan, pihaknya sudah mempelajari dan menaikkan kontrol untuk melarang pemudik yang nekat menabrak larangan mudik di titik penyekatan jalan tol.

Ia mengakui, banyak modus yang dikerjakan pemudik. Salah satunya yang sering dijumpai di lapangan ialah menumpang kendaraan travel gelap.

“Jika kendaraan travel yang kami tindak ada kategorinya. Plat kuning yang mempunyai trayek, tapi tidak sesuai, kami suruh putar balik. Yang tidak mempunyai trayek, kami tilang dan dalami lebih detail di Polda Metro Jaya, misalnya kendaraan plat hitam yang dipakai untuk mengangkut pemudik,” ujarnya.

Senada dengan Kepolisian, Jasa Marga meminta untuk user jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam melarang penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020.

Kecuali itu, batasi perjalanan dan jaga jarak, ke luar rumah cuma untuk kondisi yang mendesak serta wajib mengenakan masker kalau wajib beraktivitas di luar rumah. [liputan6.com]


H-4 Lebaran Idul Fitri, 4.003 Kendaraan Mudik Dipaksa Putar Balik di Tol Jakarta-Cikampek

loading...

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *