Imbas Covid-19, IAI Al-Aziziyah Samalanga Aceh Gelar Kuliah Online

Imbas Covid-19, IAI Al-Aziziyah Samalanga Aceh Gelar Kuliah Online

Bireuen, NU Online
Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen Aceh, melakukan perkuliahan dengan model dalam jaringan atau daring yaitu online. Hal itu ditempuh untuk melarang penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kampus setempat.

 

“Tindakan ini Adalah usaha minimalisir dampak dan pencegahan, salah satunya dilaksanakan dengan membatasi perjumpaan langsung atau tatap muka untuk sementara waktu,” kata Tgk Riandi Syafri, Ahad (5/4).

 

Humas IAIA Samalanga ini juga menambahkan sebelumnya kampus sudah mempublish surat edaran soal keputusan strategi IAIA Samalanga dalam usaha pencegahan Covid-19.
Lewat edaran itu aktifitas perkuliahan Dilakukan dengan sistem online atau penugasan secara mandiri. Adapun untuk registrasi maha siswa baru, sidang proposal, komprehensif dan lainnya juga sedemikian.

 

“Aktifitas akademik seperti seminar, lokakarya, workshop dan aktivitas organisasi kemahasiswaan ditunda pelaksanaannya dengan waktu yang akan ditetapkan lantas,” ungkap doktor kelahiran Jambi itu.

 

Berhubungan dengan pembatasan tatap muka dalam proses perkuliahan, Wakil Rektor l Tgk Muhibuddin, menerangkan perkuliahan secara online dilaksanakan dengan portal e-learning.

 

“Juga dapat dilaksanakan dengan google class room, whatsapp group, dan media sosial lainnya,” ungkap kandidat doktor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ini.

 

lelaki yang juga guru senior DJA Kuta Glee Batee Iliek juga menguraikan proses pembelajaran e-learning wajib memuat 3 komponen meliputi, materi perkuliahan, forum dialog, serta tugas dan kuis.

READ
Mobilisasi Massa dalam pertentangan pendapat Omnibus law

 

“Sebagian guru besar, waktu pelaksanaannya ikut jadwal perkuliahan yang sudah ada dan ada juga yang disesuaikan dengan Komitmen dan komunikasi guru besar dengan maha siswa,” terangnya.

 

Catatan NU Online, Saat ini di bawah kepemimpin Tgk Muntasir AKadir, yang juga Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bireuen, keberadaan IAI Al-Aziziyah yang berlokasi di Samalanga, Bireuen terus berkembang. Ragam terobosan sudah dilaksanakan, sehingga tiap-tiap tahun peminatnya kian banyak. 

 

Kampus ini sudah membuka 3 fakultas dengan 9 program studi. IAI Al-Aziziyah dapat disebut mempunyai pesona dan keunikan tersendiri, sebab ciri khas kedayahan kampus amat terasa. Ditambah lagi, kebanyakan dari mahasiswanya ialah para santri yang telah menuntaskan pendidikan tingkat aliyah di Dayah MUDI Mesjid Raya dan Dayah lainnya di Aceh. 

 

Back-ground pendidikan tersebut menjadikan mereka mengusai Bahasa Arab dan materi ilmu pengetahuan agama seperti fiqih, ushul fiqih, tauhid  dan ilmu keislaman lain. Kondisi ini amat menyokong proses belajar lanjutan di lokal perkuliahan. 

 

Bahkan untuk tahun akademik 2014/2015, IAI Al-Aziziyah secara spesial membuka kelas lanjutan Alumni Ma’had Ali Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga untuk Prodi Syariah Ahwal Al-Syakhsyiyyah yang cuma meninggalkan beberapa mata kuliah untuk akhirnya alumni kelas tersebut akan memperoleh ijazah sarjana.

 

 

Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Ibnu Nawawi
 

READ
Cerita Nyata KH Muhammad Masthuro Bangun Pesantren Semenjak Usia 19 Tahun

Imbas Covid-19, IAI Al-Aziziyah Samalanga Aceh Gelar Kuliah Online
Sumber: NU-Online

loading...

Recommended For You

About the Author: Ahmad Fawas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *