Indonesia Beruntung Diberkahi Kyai

Indonesia Beruntung Diberkahi Kiai-IslamRamah.co

Indonesia Beruntung Diberkahi Kyai

ISLAMRAMAH.CO, Seorang pengasuh pondok pesantren atau yang biasa dikenal selaku kyai mempunyai peran strategis dalam pendidikan keagamaan di Indonesia. Hal ini bukan cuma label sosial yang dialamatkan untuk seseorang yang mempunyai kedalaman ilmu agama, melainkan juga penebar muka Islam yang ramah di Indonesia. Sebab itu, perjuangan para kyai dan ulama menampilkan muka Islam yang moderat mesti terus diteladani untuk memperkokoh pandangan keagamaan toleran dalam tatanan warga yang bermacam.

Dalam konteks keindonesiaan, seorang kyai dikenal selaku tumpuan ummat untuk memperkenalkan ilmu-ilmu agama. Tidak ada dalam sejarahnya seorang kyai yang menganjurkan ummat Islam atau para santrinya untuk menebar permusuhan. Bahkan seorang kyai secara umum membawa spirit dakwah yang damai dan memberikan ketentraman bersama-sama semua komponen warga. Peran strategis seperti ini yang membikin kehadiran kyai dapat memperkuat Islam moderat di Indonesia.

Dalam tradisi Islam di Indonesia, untuk menghormati dan mengenang Andil para kyai, biasanya dikenal dengan istilah Haul (warning Hari meninggal). Aktifitas tersebut ialah bentuk penghormatan warga kepada Andil kyai selama masih hidup. Kyai bukan cuma pondasi bagi keberlangsungan Islam di Indonesia, tetapi juga sosok yang mesti terus diteladani jejak perjuangannya di jalan agama.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Demak, H Muhammad Ali Maskun, tradisi haul yang berkembang di kalangan ummat Islam Indonesia, khususnya penduduk NU Adalah tradisi berharga yang layak dilestarikan. Menurut dia, ummat Islam mesti beruntung sebab masih dapat meneladani perjuangan para kyai dalam memperjuangkan Islam. Melalui para kyai Islam dikembangkan di semua penjuru Indonesia, bahkan juga dunia.

“Masyarakat NU amat beruntung sebab oleh para kiai-kiai diajari untuk melestarikan tradisi haul para figur publik yang berjasa dalam memperjuangkan dan mengembangkan agama Islam di bermacam wilayah di muka bumi ini,” Ujarnya dalam acara Haul ke-31 KH Jalal Suyuti, di Demak.

Indonesia beruntung sebab diberkahi oleh para ulama-ulama di semua penjuru Nusantara. Kehadiran para Kyai dan ulama ialah berkah sekaligus patron bagi ummat Islam untuk selalu menampilkan ajaran-ajaran agama yang esensial dan menjadikan Indonesia selaku masa depan peradaban Islam dunia.

sumber

You might like

About the Author: Ahmad Zainudin

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali