Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / WISATA / Info Tempat Wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah

Info Tempat Wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah

/
/
/
35 Views

Info Tempat Wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah

Candi Borobudur. Sumber : www.fotowisata.com

Candi Borobudur ialah sebuah candi Budha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan ini berdiri jauh sebelum Angkor Wat berdiri di kamboja. Candi Borobudur disebut selaku bagian monumen & kompleks stupa termegah serta terbesar di dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur memiilki 2672 panel relief.

Candi Borobudur mempunyai relief Budha terbesar & terlengkap. Relief pada Candi Borobudur terbagi kedalam 4 cerita Inti yakni Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka, & Awadana. Relief – relief tersebut menceritakan perjalanan hidup Sang Budha & ajaran – jarannya. Pada beberapa bagian juga Ada relief yang menggambarkan kemajuan warga Jawa pada masa itu.

Hal ini pula yang membikin banyaknya ummat yang menganui agama Budha dari bermacam negara seperti India, Kamboja, Tibet & China. Sekarang pun Candi ini telah jadi tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata Danau Toba di Sumatra Utara.

Relief – relief tersebut menggambarkan bahwa nenek moyang orang Indonesia ialah pelaut. Hal tersebut tampak dari 10 relief kapal yang terpahat pada Candi Borobudur. Dari relief ini bisa diketahui bahwa pada masa itu, oang Indonesia ialah pelaut yang ulung & tangguh. Candi Borobudur ditinggal pada abad ke-14. Hal ini terjadi karen melemahnya pengaruh kerajaan Hindu & Budha di pulau Jawa. Secara legal, candi Borobudur ditemukan oleh 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles.
Setelah ditemukan, candi Borobudur lalu terus mengalami pemugaran. Pemugaran terbesar terjadi mulai tahun 1975 sampai 1982 yang dikerjakan oleh pemerintah Indonesia dibantu UNESCO.  Candi Borobudur sedikit tak sama dengan candi – candi yang lain. Kalau pada umumnya candi – candi yang Ada di Indonesia dibangun diatas tanah yang datar, candi Borobudur dibangun diatas sebuah bukit dengan ketinggian 265 meter dari permukaan laut.
Para peneliti percaya bahwa candi Borobudur dulunya dibangun diatas sebuah danau purba yang sekarang sudah mengering. Hal ini terbukti dari temuan endapan sedimen lumpur disekitar candi Borobudur. Para ahli percaya bahwa aktifitas vulkaniklah yang sudah membikin dataran di kisaran candi Borobudur berubah yang lalu membikin danau disekitar candi menghilang. Fakta ini diperkuat dengan adanya gunung Merapi yang terbukti sudah aktif jauh sebelum candi ini dibangun.
Pemandangan dari puncak Candi Borobudur. Sumber : kikiesone.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar