Irak Mengklaim Berencana Beli S-400 dari Rusia

alexametrics

Irak Mengklaim Berencana Beli S-400 dari Rusia

loading…

MOSKOW – Duta Besar Irak untuk Rusia, Haidar Hadi mengataka, Baghdad sudah mengambil keputusan untuk berbelanja sistem pertahanan udara S-400 Rusia. Tetapi, dia menjelaskan tanggal pasti pembelian belum ditetapkan.

“Adapun S-400, tidak ada peta jalan yang akan menetapkan tanggal pasti dan menentukan bagaimana kita mesti bergerak ke ini (berbelanja S-400). Pemerintah Irak sudah membikin keputusan ingin berbelanja rudal ini,” ujar Hadi, seperti dikutip Sputnik pada Rabu (15/5).

Waktu ditanya soal kemungkinan langkah Washington untuk menghalangi pembelian, Hadi menjelaskan ada saluran diplomatik yang relevan untuk menuntaskan problem semacam ini dengan orang Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana dimaklumi, sebelumnya pembelian S-400 sudah memicu konflik antara Turki dan AS. Di mana para pejabat AS sudah berkali-kali mengingatkan pemerintah Turki untuk membatalkan pembelian S-400.

Washington mengancam akan menghentikn penjualan jet perang F-35 untuk sekutu mereka di Timur Tengah itu dan menghentikan sokongan manufaktur untuk pesawat tersebut. Pentagon mengakui bahwa S-400 tidak kompatibel dengan peralatan NATO dan menuding bahwa sistem pertahanan udara itu menimbulkan ancaman bagi F-35.

(esn)

Source by Agus

You might like

About the Author: Agus Mulyanto

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali