Jagakarsa: Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan

Jagakarsa Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan Jagakarsa: Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan

Kecamatan Jagakarsa terletak di Jakarta Selatan. Di kecamatan ini terletak beberapa universitas ternama dan asrama Universitas Indonesia terletak di kecamatan ini.

Kecamatan Jagakarsa adalah kecamatan yang terdekat dari Kota Depok selain Kecamatan Cilandak dan Kecamatan Cimanggis.

Kecamatan dengan jumlah penduduk yang banyak, pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan wilayah yang terluas ke-2 di Jakarta Selatan setelah Kecamatan Cilandak. Kantor Kecamatan Jagakarsa terletak di Kelurahan Jagakarsa, Jalan Sirsak No. 2.

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Jagakarsa, sebuah wilayah kecamatan di ujung Jakarta Selatan yang berbatasan dengan Kota Depok, Kecamatan Cilandak, dan Kecamatan Cimanggis.

Dan saat ini wilayah ini menjadi salah satu kawasan hunian yang menjadi incaran para pencari hunian yang menginginkan untuk tetap punya rumah di dalam wilayah Jakarta.

Itu sebab kawasan ini menjadi area yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk per tahun yang tinggi di Kota Administrasi Jakarta Selatan setelah Kecamatan Cilandak, Kecamatan Kebayoran Lama, Kecamatan Pesanggrahan, dan Kecamatan Pasar Minggu. Apalagi wilayahnya juga terluas ke-2 di Jakarta Selatan setelah Kecamatan Cilandak.

Jagakarsa terbagi menjadi 6 kelurahan

Jagakarsa terbagi menjadi 6 kelurahan

Kawasan ini juga terbagi lagi menjadi 6 kelurahan, 54 RW dan 610 RT dengan luas 2.501 ha dan dihuni sekitar 350 jiwa jiwa dengan pertumbuhan penduduk 4,8 % per tahun (menurut Data wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan pada tahun 2010).

Adapun kelurahan yang masuk wilayahnya adalah Kelurahan Tanjung Barat, Kelurahan Lenteng Agung, Kelurahan Jagakarsa, Kelurahan Ciganjur, Kelurahan Srengseng Sawah, dan Kelurahan Cipedak.

Untuk akses ke kawasan ini pun sangat mudah, mengingat kawasan ini jadi kawasan penghubung antara Depok, Bogor, dan Jakarta.

Akses ke kawasan ini jika melalui jalan tol juga bisa keluar gerbang tol Lenteng Agung di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.

BACA JUGA :   Mahasiswa BEM UI Ditantang BEM Sejabodetabek Selesaikan Persoalan Pandemi

Dan kawasan ini juga dilewati oleh Jalur kereta api rute Jakarta-Bogor berkat keberadaan 3 stasiun kereta api, yakni Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Lenteng Agung, dan Stasiun Universitas Pancasila.

Ada banyak keunggulan kawasan yang juga menjadi Cagar Budaya Betawi ini, seperti ada banyak perguruan tinggi negeri di sekitar kawasannya seperti Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, IISIP Jakarta, dan lain sebagainya.

Untuk pusat perbelanjaan atau pasar terdapat Pasar Lenteng Agung, Pasar Ciganjur, dan Pasar Cipedak. Punya hutan kota seperti Hutan kota Ciganjur Hutan kota Cipedak, serta kawasan wisata budaya Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Baca juga : Jakarta Selatan: Kecamatan dan Kelurahan di Jakarta Selatan

KECAMATAN JAGAKARSA

Termasuk wilayah Kotamadya Jakarta Selatan memiliki luas wilayah 2.501 ha. Menurut data statistik 2004, peruntukan luas tanah tersebut terdiri dari perumahan 1.380 ha; industri 40 ha; kantor dan gudang 100 ha; taman 65 ha; pertanian 500 ha; lahan tidur 116 ha; dan waserda 414 ha.

Secara administratif terdiri 6 kelurahan, 54 RW, 537 RT, 48.649 KK. Kecamatan Jagakarsa terdiri dari :

(a) Kelurahan Srengseng Sawah (675 ha)

(b) Kelurahan Jagakarsa (485 ha)

(c) Kelurahan Lenteng Agung (228 ha)

(d) Kelurahan Cipedak (397 ha)

(e) Kelurahan Tanjung Barat (365 ha)

(f) Kelurahan Ciganjur (351 ha).

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *