Kabar Baik! RI Akan Dapat Tambahan 1 Juta Dosis Vaksin Corona dari AS

Kabar-Baik-RI-Akan-Dapat-Tambahan-1-Juta-Dosis-Vaksin.jpeg

Indonesia akan menerima tambahan vaksin Corona dari Amerika Serikat (AS). Amerika Serikat dikabarkan akan menambah 1 juta vaksin ke Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi melalui akun Twitternya, Jumat (2/7/2021). Retno mengungkapkan sedang berkomunikasi dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jack Sullivan.

Dalam percakapan itu, Jack mengatakan pemerintah AS bersedia menambah 1 juta vaksin ke Indonesia. Retno pun menyambut baik keputusan tersebut

“Senang bisa melakukan percakapan telepon yang baik dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jack Sullivan (02/07). Saya sangat menghargai keputusan pemerintah AS untuk menambah 1 juta vaksin ke Indonesia,” tulis Retno.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Amerika Serikat akan mengirimkan 4 juta dosis vaksin Moderna. Vaksin akan segera tiba.

Kami juga akan mendapatkan dari Amerika dengan bantuan Menko, 4 juta dosis Moderna yang juga akan kami terima dalam waktu singkat,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7).

Seperti diketahui, tidak hanya dari Amerika Serikat, Indonesia juga akan menerima 3 juta dosis vaksin COVID-19 dari Belanda. Bantuan vaksin COVID-19 tersebut merupakan hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag.

“Dalam pembicaraan saya dengan Menlu Belanda, salah satu hasil konkritnya adalah keputusan pemerintah Belanda untuk memberikan bantuan vaksinasi kepada Indonesia sebesar 3 juta vaksin siap pakai,” kata Retno dalam media briefing online dari Den Haag, dikutip dari Antara, Jumat (2/7). ).

Retno tidak menyebut jenis vaksin yang akan disumbangkan oleh Belanda. Namun dia menekankan bahwa pengiriman vaksin akan dilakukan sesegera mungkin.

Selain Belanda, Indonesia juga akan menerima sumbangan 998.400 dosis vaksin COVID-19 dari Jepang. Vaksin tersebut tiba di Tanah Air pada Kamis (1/7).

BACA JUGA :   PPKM Darurat, Menko Luhut: Jangan Main-Main dengan Berita Hoaks!

Menurut Retno, pengiriman kedua dari total sumbangan vaksin sebanyak 2 juta dosis dari Jepang akan menyusul dalam waktu tidak terlalu lama.

Donasi vaksin ke Indonesia melalui skema pembagian dosis juga sedang berlangsung dengan pemerintah Inggris. Saat ini masih menjadi bahan diskusi lebih lanjut.

“(Hasil) pertemuan saya dengan Menlu Inggris, ada komitmen untuk membantu vaksin yang sudah jadi, yang detail dan waktunya sedang dibahas lebih lanjut,” kata Menlu Retno. [detik.com]


Kabar Baik! RI Akan Dapat Tambahan 1 Juta Dosis Vaksin Corona dari AS

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *