Kapok! Diamankan Polisi, 4 Penyelenggara Tur Jihad ke Jakarta Mewek-mewek Buat Surat Pernyataan

Breaking News 4


Berita Terkini –  Polisi sudah mengamankan 4 penyelenggara tur jihad ke Jakarta. sebelum ini, 2 penyelenggara sudah mendatangi Polda Jatim dengan membawa surat pernyataan dan meminta maaf, selain itu keduanya menjelaskan kalau tur jihad gagal diberangkatkan.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menjelaskan 4 koordinator yang diamankan ialah Muhammad Roni, Feni Lestari, perempuan berinisial A dan seorang lelaki berinisial C. Keempatnya masih menjalani pemeriksaan dan pendalaman Perkara ajakan tur jihad.

“Terkait dengan problem ada bagian akun yang mengajak tur jihad yang nyaris selama 1 minggu ini telah kami tangani tim kami dari gabungan krimum dan krimsus sudah melaksanakan dan mengamankan ada 4 orang,”kata Luki di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (19/5/2019).


“Yang mana mereka sungguh melaksanakan aktifitas yang terkait dengan menyiarkan mempertunjukkan atau menempelkan di muka umum tulisan yang menghasut untuk melaksanakan tindak kejahatan dengan membikin program tour jihad Surabaya Jakarta dan melakukan aksi 22 Mei,”imbuh Luki.

Luki menambahkan keempatnya mempunyai tugas yang tak sama. Ada yang selaku bendahara sampai koordinator.


“Ini telah kita amankan ada 4 orang inisial A, inisial M, F dan C dengan masing-masing bagian tugasnya ada yang bagian bendahara ada yang membikin akun ada yang sungguh selaku koordinator dan ada yang menyuruh,” ungkap Luki.

Untuk polisi, pelaku menyebut pada tur ini baru ada 44 orang yang melakukan registrasi. Sementara baru ada 36 orang yang membayar. Luki menyebut kalau sungguh terbukti bersalah, ke-4 pelaku dapat dijerat pasal berlapis.


“Statusnya masih kami dalami dan mereka berdasar data telah terkumpul 44 orang tapi yang baru membayar 36 dan kami telah ikuti. Alhamdulillah dari daftar masuk ini akhirnya dapat kami batalkan. Waktu ini tengah kami proses dengan kami kenakan rencananya pasal 160 KUHP dan 161 junto pasal 53 KUHP,” pungkasnya.

sebelum ini, ajakan tur ini sempat menyebar di pesan Whatsapp relawan akar rumput Prabowo-Sandi. Pada pesan tersebut, penyelenggara mencantumkan paket yang dapat dipilih selama 5 hari ikut tur di Jakarta. Tur ini juga digadang akan berkoalisi dengan aksi people power.

Pilihannya pun bermacam, mulai dari mempergunakan transportasi bus besar yang dipatok dengan harga Rp 450 ribu, bus kecil dengan tarif Rp 400 ribu sampai mobil pribadi yang harganya Rp 600 ribu. 
(hil/bdh/detik.com)

Shared by S. Dimyati

You might like

About the Author: Soleh Dimyati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *