KBRI Kairo Kembali Fasilitasi Repatriasi 129 WNI Stranded di Mesi

KBRI Kairo Kembali Fasilitasi Repatriasi 129 WNI Stranded di Mesi

KBRI Kairo sukses memulangkan 129 Penduduk Negara Indonesia (WNI) yang mengalami stranded di Mesir. Akibat keputusan strategi penutupan penerbangan komersial penumpang internasional di Mesir semenjak 19 Maret 2020 sampai waktu ini selaku usaha pencegahan penularan covid-19, WNI yang mengalami stranded di Mesir terus bertambah.

Berkat kerja sama antara KBRI Kairo dengan pemerintah Mesir dan Air Cairo, 129 WNI sukses difasilitasi kembali ke Indonesia pada 21 Mei 2020. Mereka terdiri atas 108 siswa Sekolah Al Irsyad Purwokerto yang sudah menuntaskan program pelatihan Bahasa Arab di Mesir dan selebihnya Adalah peserta pelatihan dakwah serta WNI yang tengah mengunjungi ke Mesir.

“KBRI Kairo sudah berkoordinasi dengan pusat, pemerintah Mesir dan Air Cairo untuk persiapan repatriasi tersebut,” terang Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy dalam Penjelasan legal, Jumat (22/5).

Baca juga: Tiongkok Catat Tambahan Perkara Baru Covid-19

Repatriasi tahap II tersebut kembali mempergunakan maskapai Air Cairo dengan skema chartered flight atau sewa pesawat. Pesawat itu nantinya akan kembali ke Kairo tanpa penumpang atau kosong.

“Repatriasi tahap II ini tak sama dengan repatriasi sebelumnya, yaitu kali ini dengan menyewa pesawat Air Cairo,” kata Helmy.

Ongkos sewa pesawat, sambung Helmy, dibebankan untuk masing-masing peserta repatriasi. Pesawat berangkat dari Kairo pada 21 Mei 2020 pukul 07.30 pagi waktu setempat dan tiba di Jakarta pada 22 Mei 2020 pukul 03.00 dini hari WIB.

READ
Kematian Akibat Wabah Corona di Iran Turun 70%

Selaku info, pada repatriasi tahap I yang membawa 75 WNI pada 25 April 2020 lalu, KBRI Kairo memperoleh tawaran dari pemerintah Mesir untuk menggunakan pesawat yang akan mengevakuasi Penduduk Negara Mesir yang stranded di Jakarta dan di Bali akibat dampak pandemi covid-19.

Semua peserta repatriasi tahap II sudah diminta untuk melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang sudah ditetapkan selaku syarat untuk kembali ke Tanah Air. Mereka berasal dari bermacam daerah di Indonesia.

Untuk kelancaran perjalanan sampai ke daerah masing-masing di Indonesia, semua peserta repatriasi sudah dibekali dengan surat Penjelasan dari KBRI Kairo. (OL-14)

 




KBRI Kairo Kembali Fasilitasi Repatriasi 129 WNI Stranded di Mesi

loading...

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *