Kelapa Gading di Jakarta Utara

Kelapa Gading di Jakarta Utara - Kawasan Perumahan Elite di Jakarta Utara

Kelapa Gading merupakan wilayah kecamatan yang terletak di Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia. Kecamatan ini merupakan daerah yang dikembangkan oleh perusahaan properti Summarecon Agung sejak tahun 1975.

Tahun 1970-an, Kecamatan kawasan ini masih dikenal sebagai daerah rawa dan persawahan. Kini Kelapa Gading telah berubah menjadi kawasan yang tertata baik dan berkembang pesat.

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti di wilayah elite Jakarta Utara, sebuah kawasan hunian prestise sekaligus pusat bisnis yang masuk ke wilayah Jakarta Utara.

Kawasan yang awalnya dikembangkan PT Summarecon Agung Tbk di tahun 1970-an ini dulu akses jalannya hanya berupa jalan raya Cawang-Tanjung Priok yang tidak terlalu lebar. Bahkan sering macet karena harus bersinggungan dengan truk-truk besar.

Di masa itu itu jangan bayangkan sudah ada Tol Layang Wiyoto Wiyono yang menghubungkan Cawang-Tanjung Priok.

Kawasan yang awalnya berdiri di atas lahan berupa rawa dan persawahan ini baru mulai menikmati adanya infrastruktur tol setelah jalan bebas hambatan itu beroperasi melintasi kawasan ini pada tahun 1990-an.

Kelapa Gading kawasan hunian dan bisnis.

Kelapa Gading kawasan hunian dan bisnis

Harus diakui, keberadaan tol ini memang mendorong perkembangan daerah ini sebagai sebuah kawasan hunian dan bisnis.

Hadirnya mal-mal di Mal Kelapa Gading (MKG) tahap satu sejak 1990 hingga MKG tahap lima di 2008 juga memberi nilai tambah bagi kawasan ini.

Dan pada perkembangannya, kawasan yang pada awal berdirinya merupakan sebuah komplek perumahan seluas 10 hektare dengan nama Kelapa Gading Permai ini, kini menjelma menjadi salah satu kawasan hunian elit sekaligus favorit di Jakarta.

Ya, jika Jakarta Pusat punya kawasan elit seperti Menteng, Jakarta Selatan ada Pondok Indah, maka Jakarta Utara punya Kelapa Gading.

Bisa dibilang semua kebutuhan dan fasilitas penghuni mampu terlayani di wilayah yang kini juga menjadi kecamatan ini.

Bahkan saking lengkapnya fasilitas yang dimiliki kawasan ini, Pemerintah Jakarta Utara berencana menjadikan kawasan ini seperti Singapura.

Saat ini pembangunan dan penataan daerah ini telah diserahkan sepenuhnya kepada puluhan pengembang yang memiliki lahan di Kawasan tersebut.

Pengembang-pengembang tersebut di antaranya seperti PT. Summarecon Agung Tbk, PT. Bangun Cipta Sarana, PT. Graha Rekayasa Abadi, PT. Pangestu Luhur, PT Nusa Kirana dan yang terakhir PT. Agung Podomoro dan Agung Sedayu.

Ekonomi Kelapa Gading

Wilayah ini merupakan salah satu daerah pusat bisnis di Jakarta Utara selain Mangga Dua dan Pluit. Banyak perusahaan perbankan baik lokal maupun asing membuka cabang di di sini.

BACA JUGA :   Jakarta Selatan: Kecamatan dan Kelurahan di Jakarta Selatan

Bisnis properti di daerah ini cukup baik dan menarik puluhan agen properti yang bertaraf lokal sampai internasional.

Kegiatan komersial di daerah ini didukung dengan adanya pasar tradisional, mini market, pasar swalayan (supermarket), dan hypermarket.

Jumlah bangunan ruko yang berada di kawasan ini mencapai sekitar 3500. Tersedia juga bangunan rukan dan mal yang besar dan nyaman.

Bahkan, untuk kegiatan ekonomi, banyak juga daerah permukiman yang beralih fungsi menjadi tempat usaha. Pusat perbelanjaan (mal) yang terdapat di wilayah ini contohnya adalah Kelapa Gading Trade Center, Mall Kelapa Gading, Kelapa Gading Sports Mall, Mall Artha Gading dan Mall of Indonesia (MOI).

Daerah ini juga disebut sebagai “Little Celebes” karena banyaknya restoran khas Sulawesi.

Ruko dan rukan di wilayah ini tersebar di sepanjang jalan utama di Kelapa Gading yaitu Bulevar Kelapa Gading, Bulevar Barat Kelapa Gading, Bulevar Timur Kelapa Gading, Bulevar Utara Kelapa Gading, Jalan Raya Hybrida, Bulevar Artha Gading, Gading Kirana Bulevar Bukit Gading Raya, Gading Bukit Indah, Artha Gading Niaga, dan Plaza Pasifik.

Terdapat juga Bursa Mobil 1, 2, 3, Bursa Mobil AXC dan Mall khusus Otomotif di Graha Auto Center.

Baca juga: Jakarta Selatan: Kecamatan dan Kelurahan di Jakarta Selatan

Kuliner Kelapa Gading Harga Terjangkau.

Kuliner Harga Terjangkau

Di kawasan elite Jakarta Utara ini, banyak tersedia berbagai macam makanan. Baik dari masakan Indonesia, makanan cepat saji, masakan Tiongkok, masakan Jepang, dan berbagai macam jenis makanan lainnya, baik dari luar negeri maupun dalam negeri, selain itu restoran-restoran terletak baik di mall-mall, ruko maupun di pusat sentra makanan.

Pusat Makanan di sini yang terkenal adalah Gading Food City, La Piazza dan Gading Batavia. Untuk menambah semarak wisata kuliner di Mal Kelapa Gading terdapat area food court Food Tempatation yang menyediakan berbagai makanan Nusantara dan internasional dengan jumlah tempat duduk 2000.

Kemudian untuk menggugah selera makan ada Food Sensation dengan berbagai makanan Nusantara yangs udah menjadi favorit dari berbagai dari Jakarta dan daerah di Indonesia, seperti Mie Aceh, Bubur Pedo, Sambal Cibiuk, Soto Mie Lau Tze, Tahu Gejrot, Rujak Bebek, Otak-Otak AN, dan lain lain.

Sebagai pelengkap Eat & Eat Food Market dengan penampilan khas etnis peranakan sangat kontras keberadaannya berdampingan dengan Food Temptation, area food court di MKG 3 yang tampil dengan suasana modern.

Area seluas 2350 m2 ini yang disebut dengan food market, bukan food court sebagaimana umumnya.

Sebutan food market ini, adalah sesuai dengan konsepnya yang menghadirkan konsep pasar tempo dulu, dengan dekorasi dan pernak-pernik yang sangat unik.

BACA JUGA :   Menteng Kawasan Elite di Jakarta Pusat

Sementara itu, sekitar 34 counter makanan di sini hadir menawarkan beragam makanan khas dari berbagai daerah dan berbagai pilihan masakan khas peranakan.

Aneka menu yang disajikan terbilang unik dan lengkap. Dari mulai makanan Indonesia, Cina peranakan Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Menariknya, di sini counter-counter makanannya menampilkan nama masakan utama yang menjadi unggulannya, bukan nama/ brand dari counternya.

Sebut saja diantaranya ada counter nasi guling, gado-gado Aa, warung keroepoek, babat gongso, pepes goreng, krawu, bebek goreng, raja gurame, tongseng kambing dan masih banyak lagi.

Beragam pilihan makanan ini diolah secara modern dan higienis, namun tetap mempertahankan keotentikan rasa warisan keluarga leluhur, dan semua itu ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Transportasi Cukup Mudah

Kawasan perumahan elite ini yang sudah menyerupai superblok tersendiri ini, memiliki akses jalan yang cukup banyak untuk menuju seluruh wilayah di penjuru kota.

Di sebelah barat kawasan ini, terdapat jaringan jalan tol dalam kota yang menghubungkan seluruh wilayah kota dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Untuk melayani penduduk di wilayah ini yang menggunakan sarana transportasi umum, di bagian selatan terdapat terminal Pulo Gadung yang melayani ke seluruh jurusan dalam dan luar kota.

Selain itu jaringan bus Trans Jakarta jurusan Pulo Gadung – Harmoni, Tanjung Priok – Cililitan dan Tanjung Priok – Pluit juga melintasi sebelah selatan dan barat kawasan ini.

Ada juga angkutan umum berupa angkot, bus kota dan mikrolet. Trayek-trayeknya:

Angkutan berbasis rel:

LRT Jakarta: Jalur S jurusan Pegangsaan Dua-Velodrome

Bus Transjakarta:

Bus rapid transit
    - Halte Pulomas (koridor Roundeltjk2.png Roundeltjk2A.png)
    - Halte Sunter Kelapa Gading (koridor Roundetjk10.png Roundetjk12.png)
    - Halte Sunter Boulevard Barat (koridor Roundetjk12.png)

Bus kota:
    - 10F jurusan Sunter Kelapa Gading-Stasiun LRT Pegangsaan Dua (via Boulevard Artha Gading)

Mikrotrans Jak Lingko:
    - JAK 24 jurusan Terminal Pulo Gadung-Terminal Pasar Senen (via Boulevard Barat Kelapa Gading - Boulevard Kelapa Gading - Boulevard Artha Gading)
    - JAK 59 jurusan Terminal Rawamangun-Kelapa Gading Barat (via Boulevard Kelapa Gading)
    - JAK 60 jurusan Rusun Kemayoran-Stasiun LRT Pegangsaan Dua (via Boulevard Barat Kelapa Gading)
    - JAK 112 jurusan Terminal Pulo Gadung-Stasiun LRT Pegangsaan Dua (via Boulevard Kelapa Gading)

Bus Bandara:

Perum PPD JA Connexion Mal Kelapa Gading-Bandara Internasional Soekarno-Hatta (via Boulevard Artha Gading)

Bus Pengumpan Perumahan:

JR Connexion Mal Kelapa Gading: Mal Kelapa Gading-Summarecon Mall Serpong

Recommended For You

About the Author: Asep Sunandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *