Kemanakah Perginya Dana Sumbangan Itu?

Screenshot 20210521 170500 Chrome Kemanakah Perginya Dana Sumbangan Itu?
Screenshot 20210521 170500 Chrome Kemanakah Perginya Dana Sumbangan Itu?


Banyak orang Indonesia yang baik dan polos. Kebaikan dan kenaifan mereka sering digunakan oleh sekelompok orang, terutama perantara agama, petualang politik, atau donasi, untuk mencapai tujuan dan program khusus mereka.

Entah sudah berapa kali umat Islam dibodohi oleh mereka – mulai dari bisnis umroh palsu, perumahan bodong syariah, hingga proyek kerbun kurmah dan hal-hal palsu lainnya. Tapi mereka masih rentan terpental. Ini karena mereka adalah orang-orang baik, sekaligus polos lebih dulu.

Berapa kali mereka diminta oleh sekelompok EO untuk memberikan sumbangan atas nama “Dana Solidaritas Muslim”. Donasi biasanya mengalir dengan bebas jika pelakunya adalah non-Muslim, seperti halnya Rohingya, Uygur, dan, tentu saja, Palestina. Ada banyak kasus Bosnia di masa lalu. Kalau pelakunya muslim, tidak laku. Nenek moyang yang ditinggalkan.

Apalagi dalam kasus Palestina, mobilisasi “sumbangan amal solidaritas muslim” sudah berkali-kali dilakukan karena kekerasan dan perang juga sudah tak terhitung banyaknya. Jadi, begitu kasusnya muncul, ada donasi. Ada kasus lain, tolong tetap donasi. Dan seterusnya.

Masalahnya, sejauh ini donasi tersebut belum jelas kemana perginya.

Siapa atau kelompok mana yang EO? Untuk apa donasi? Siapa yang mengawasi dan mengontrol donasi? Bagaimana mekanisme akuntabilitasnya? Benarkah donasi sampai ke Palestina? Siapa atau kelompok apa di Palestina yang menerima donasi? Benarkah donasi tersebut berguna untuk membantu masalah kemanusiaan di Palestina? Dll

Seperti biasa, semuanya akan menguap seiring waktu. Orang akan melupakannya. Lagi dan lagi. Para EO donasi tahu bahwa nantinya orang-orang juga akan melupakannya. Mereka juga bisa bersorak-sorai sambil menikmati nasi kebuli hasil pengkhianatan umat Islam tadi. Unenak tenan bra eh bro.

Sumanto Al Qurtuby

BACA JUGA :   Viral Poster PKS Galang Donasi Palestina, Warganet Beri Sindiran Pedas

Sumber: https://www.facebook.com/762670522/posts/10165287732225523/

(Warta Batavia)


Kemanakah Perginya Dana Sumbangan Itu?

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *