Kemenkes: Tidak Ada Syarat Wajib Bawa Fotokopi KTP Saat Vaksinasi Covid-19

Kemenkes Tidak Ada Syarat Wajib Bawa Fotokopi KTP Saat Vaksinasi Kemenkes: Tidak Ada Syarat Wajib Bawa Fotokopi KTP Saat Vaksinasi Covid-19

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan, tidak pernah ada prasyarat terkait membawa fotokopi KTP untuk kewajiban vaksinasi.

Hal itu diungkapkan Siti saat Liputan6.com membenarkan kasus tiga lansia asal Tangerang yang ditolak petugas vaksinasi karena tidak bisa menunjukkan fotokopi KTP.

“Tidak perlu membawa fotokopi KTP. Syarat utama membawa KTP untuk menjamin identitas,” kata Siti melalui SMS, Sabtu (24/7/2021).

Namun, tambah Siti, setiap penyelenggara akan mengembalikan persyaratan di luar Permenkes. Situs menduga bahwa penyelenggara memerlukan fotokopi kartu identitas di tempat vaksinasi.

“Kalau terkait pelaksanaan permintaan ini, masing-masing dilakukan (di luar aturan prosedur Kemenkes),” jelasnya.

Riwayat penolakan vaksinasi

Sebagai informasi, tiga lansia di Tangerang divaksinasi pada Kamis 8 Juli 2021. Mereka divaksinasi di Marketing Gallery Suwarna Sutera, Cikupa, Tangerang.

Melalui akun Twitter Amira Wulun, @amirawulan yang di-tweet pada Jumat, 23 Juli 2021, kisah tiga sesepuh itu viral di media sosial dan memicu emosi warganet.

“Ibuku 63, Buddha 65, Pakde 72 untuk vaksin, diskrining, isi formulir, pas mau disuntik disuruh pulang kenapa tidak” Jangan bawa fotokopi saya KTP, walaupun saya membawa KTP asli, saya minta tolong, tolong bicara yang baik-baik. menolak karena sudah jam 5 sore,” tulis Amira.[liputan6.com]


Kemenkes: Tidak Ada Syarat Wajib Bawa Fotokopi KTP Saat Vaksinasi Covid-19

BACA JUGA :   Mahfud Ungkap Masih Ada Dokter-Profesor Tak Percaya Masker-Vaksin Corona

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *