Kemenperin Akan Kembangkan Mobil Pedesaan Bertenaga Listrik

Kemenperin Akan Kembangkan Mobil Pedesaan Bertenaga Listrik

Jakarta – Mobil pedesaan atau Saat ini dikenal dengan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) telah masuk tahap produksi semenjak Maret 2019. Waktu ini AMMDes yang dipasarkan mempergunakan mesin Diesel. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenprin) akan terus mengembangkan teknologi AMMDes, maka Tidak menutup kemungkinan kedepan AMMDes mengunakan tenaga listrik.

“Nanti, kami akan kembangkan AMMDes versi listrik. Jadi, mesin itu nanti akan diganti mempergunakan tenaga dari baterai dan motor listrik,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Andika dalam Penjelasan resminya.

Putu menambahkan AMMDes cukup memungkinkan untuk dibuat ke arah elektrifikasi. Dengan begitu, nantinya selain daya tenaga yang telah mempergunakan listrik, Power Take Off (PTO) yang dipakai untuk menggerakkan bermacam alat juga otomatis mempergunakan listrik.

Soal pengembangan AMMDes listrik ini, Kemenperin membikin sebuah Focus Group Discussion (FGD) dalam ajang AMMDes Summit II di Tangerang. Pihaknya menggundang beberapa pembicara untuk membicarakan planning strategis AMMDes jadi kendaraan listrik.

Masih Berkonsentrasi Pada Produksi

Merespon AMMDes bertenaga listrik, Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto, menerangkan AMMDes listrik baru berupa pembicaraan. Sampai waktu ini pihaknya tengah berkonsentrasi pada produksi AMMDes.

“Konsentrasi kami sekarang pada unit yang tengah kami produksi dulu, sebab kan baru bulan kemarin (Maret) kita mulai produksinya. Untuk listrik sungguh ada pembicaraan, nanti juga akan didiskusikan lagi,” ucap Reiza.

KMWI sebagai produsen dari AMMDes mulai berencana menggenjot penjualan AMMDes di bermacam wilayah. Tingginya kemungkinan penjualan dan juga banyaknya efek positif yang dapat dihasilkan dari hadirnya AMMDes di pedesaan jadi bagian argumentasi perusahaan untuk memaksimalkan ragam jalur pemasaran yang dimilikinya.

AMMDes mobil pedesaan

KMWI mempunyai kemampuan produksi sebanyak 3.000 unit per tahun. Rencananya perusahaan akan menaikkan kemampuan terpasangnya jadi 12 ribu unit per tahun di 2020.

Untuk diketahui AMMDes legal diluncurkan oleh Presiden Jokowi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada event Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018. Waktu ini, bagian pengembang AMMDes ialah PT KMWI di Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

You might like

About the Author: Agus Mulyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *