Kenapa Ada yang Masih Kena COVID-19 Padahal Sudah Vaksinasi? Ini Kata WHO

Kenapa Ada yang Masih Kena COVID 19 Padahal Sudah Vaksinasi Ini Kenapa Ada yang Masih Kena COVID-19 Padahal Sudah Vaksinasi? Ini Kata WHO

Sebagian kecil orang yang telah divaksinasi dikatakan masih terinfeksi COVID-19. Kejadian langka ini disebut sebagai infeksi yang mengubah permainan dan dapat menimbulkan pertanyaan di antara orang awam.

Pakar vaksin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Kate O’Brien menjelaskan bahwa vaksin pada dasarnya bekerja dengan memperkenalkan bagian dari virus yang perlu dikenali oleh sistem kekebalan tubuh. Dengan harapan sistem imun akan mampu mengidentifikasi dan melawan dengan cepat jika virus asalnya datang.

Satu-satunya hal yang perlu diketahui adalah bahwa tidak ada vaksin yang dapat bekerja 100% efektif pada 100% penerima. Artinya, respon imun setiap orang bisa berbeda dengan vaksin.

“Mengapa beberapa orang masih terinfeksi setelah divaksinasi sementara yang lain tidak? Ada banyak kemungkinan,” kata Kate seperti dikutip dari akun Twitter resmi WHO, Jumat (2/7/2021).

“Sebagian dari alasannya berkaitan dengan jumlah paparan seseorang terhadap patogen. Kadang-kadang Anda mungkin telah terpapar, tetapi hanya dosis kecil patogen itu,” lanjutnya.

Dalam proses sistem kekebalan mengenali kuman penyebab penyakit, tubuh seseorang mungkin memerlukan paparan dosis yang lebih konstan.

Kate mengatakan bahwa meskipun vaksin pada akhirnya tidak dapat melindungi 100%, orang yang telah menerima vaksin masih dapat memperoleh manfaat dari kemungkinan penurunan keparahan penyakit. Ini berarti dapat terinfeksi, tetapi gejalanya ringan.

“Jadi masih ada manfaat dari vaksin, bukan hanya untuk melindungi sepenuhnya dari infeksi,” tutup Kate. [detik.com]


Kenapa Ada yang Masih Kena COVID-19 Padahal Sudah Vaksinasi? Ini Kata WHO

BACA JUGA :   Pembelian Mobil Baru Dicoret Bobby, Dana Rp 2,2 M Dialihkan Tangani COVID

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *