Ketum PBNU Kritik Para Kiai yang Ngeyel Tak Percaya Corona dan Vaksin

Ketum-PBNU-Kritik-Para-Kiai-yang-Ngeyel-Tak-Percaya-Corona.jpg
Ketua Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siroj (MI/Tosiani)


Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj buka suara terkait banyaknya para kiai yang masih tidak percaya akan adanya virus corona atau Covid-19 hingga kini.

Bahkan lebih parah lagi, Kiai Said mengungkapkan kiai-kiai itu juga tidak percaya akan vaksinasi, bahkan berprasangka buruk.

“Masya Allah, tolong saya minta dibantu oleh PKB lah, bagaimana menyadarkan beberapa kiai-kiai lho ya yang masih tidak percaya dengan adanya Covid-19. Masih tidak percaya dengan vaksin, suudzon bahwa vaksin itu merupakan pembantaian massal,” kata Said dalam acara Doa dan Syukur 23 Tahun PKB Aksi Melayani Indonesia yang ditayangkan secara virtual, Jumat (23/7/2021).

Menurut kiai Said, sikap para kiai akan membuat buruk penilaian publik terhadap NU jika terus dibiarkan. Ia berpandangan, publik akan menilai bahwa NU tidak nasional atau justru lebih umum lagi dengan menganggap Islam tidak nasional.

“NU tidak realistis, NU berpikir sangat kuno dan tidak sesuai dengan tuntutan zaman. Seperti itu nanti bahayanya,” ucap Said.

Kiai Said sendiri mengaku selama satu tahun mewabahnya pandemi, selalu tak henti-hentinya menyadarkan atau mengedukasi masyarakat, terkhusus warga NU yang belum percaya Covid-19. Menurut dia, virus itu benar ada dan berbahaya bagi siapa saja. Oleh karena itu, ia heran ketika masih ada kiai atau pemuka agama Islam yang tak percaya Covid-19 hingga vaksinasi.

“Itu masih ada beberapa kiai, bukan kiai kecil lagi, bukan kiai imam mushola, bukan. Masih enggak percaya Covid-19, masih suudzon dengan kebijakan vaksinasi. Tolong PKB juga harus sama-sama menyadarkan mereka ini,” katanya.

Said menduga, kiai-kiai itu tidak percaya Covid-19 dengan beralaskan membela iman. Rasa membela iman itu yang dianggap tak masuk di akal, yaitu dengan tidak mempercayai hal-hal di luar iman.

BACA JUGA :   Nahdlatul Ulama dan Solidaritas Palestina

Oleh karena itu, ia meminta PKB turut serta membantu NU menyadarkan warga NU dan kiai-kiai yang masih tak percaya Covid-19 dan vaksinasi.

(Warta Batavia)


Ketum PBNU Kritik Para Kiai yang Ngeyel Tak Percaya Corona dan Vaksin

Recommended For You

About the Author: Asep Komarudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *