Kominfo Benarkan WA, FB dan Instagram Tumbang Kemarin

alexametrics

Kominfo Benarkan WA, FB dan Instagram Tumbang Kemarin

loading…

JAKARTA – Kemarin petang, 3 servis media sosial Instagram, Facebook, dan WhatsApp mendadak tumbang utawa down secara bersamaan. Merespon soal hal tersebut Kementerian hubungan dan Informatika membenarkan bahwa sterjadi gangguan server dari pihak Facebook.

“Iya, mereka menyampaikan pada pak menteri, ada gangguan server,” ucap Ferdinandus Setu, Plt Kepala Humas Kemnkominfo di Jakarta, Senin (15/4/2019)

Gangguan server itu, kata dia, dikarenakan hitungan total user yang terus meningkat saban harinya. Sehingga server yang mereka miliki mengalami gangguan.

“Sebab numlah user mereka kan tumbuh terus. Sehingga itu gangguan server yang ya dapat dibilang cukup sering, setahun tuh ada sekali 2 kali lah,” imbuhnya.

Ia pun memastikan bahwa gangguan tersebut bukan dikarenakan malware atau serbuan hacker, seluruh murni sebab server mereka yang mengalami gangguan.

“Nggak bukan malware. Bener-bener servernya sungguh down. Sebab sungguh istilahnya hitungan total user makin banyak dan bandwidthnya atau apapun kemampuan servernya mereka juga sedikit mengalami maintenance,” jelasnya.

Down-nya server dikeluhkan user di sejumlah negara Asia, Eropa, sampai Amerika Serikat. Sementara DownDetector mengungkapkan, gangguan servis terjadi mulai dari wilayah Amerika Serikat dan merembet ke Benua Eropa dan Asia. Begitu pun dengan user di Indonesia yang terkena imbasnya.

(wbs)

by Ahmad Fawas

You might like

About the Author: Ahmad Fawas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *