kiai sahal 1 696x387
kiai sahal 1 696x387

Konsen K.H Sahal Mahfudz terhadap Pengembangan Ekonomi Umat

Diposting pada
Views: 28
Read Time:1 Minute, 33 Second

Konsen K.H Sahal Mahfudz terhadap Pengembangan Ekonomi Umat


Sudah sejak dulu, Mbah Yai Sahal konsen terhadap pengembangan ekonomi ummat melalui BPPM (Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat) Pesantren Maslakul Huda.

Lahirnya Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (BPPM), menurut beliau pesantren harus meningkatkan peran dan fungsinya yang semula jalan apa adanya yang tidak terprogram menjadi direncanakan atau diprogram sesuai dengan situasi dan kondisi perkembangan zaman, baik itu dalam fungsinya sebagai lembaga pendidikan maupun lembaga sosial kemasyarakatan.

Kemudian akhirnya beliau mentransformasikan sebagian peran pesantren ke dalam berbagai aktivitas pengembangan masyarakat, salah satunya yakni terkait erat dengan pengembangan ekonomi ummat.
BPPM PMH mempunyai Visi :

1. Mencetak kader desa dan pesantren sebagai team pengembangan masyarakat dan agent sosial of change.

2. Menumbuhkan dan mengembangkan kelompok swadaya yang akan memanfaatkan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan baik lahir maupun batin.

3. Mengembangkan pesantren sebagai pusat informasi dan pengembangan masyarakat.
Sedangkan Misi BPPM PMH yaitu :

1. Mengembangkan kreatifitas dan produktifitas masyarakat dan keluarga pesantren lewat pengembangan swadaya dan swakarsa.

2. Memunculkan model-model pengembangan masyarakat lewat pesantren.

3. Melestarikan dialog antar pesantren dan masyarakat dalam pembangunan bangsa.

Keberadaan BPPM merupakan perwujudan usaha kontekstualisasi pemikiran ajaran Islam dengan realitas masyarakat dan menjalankan fungsi pesantren sebagai lembaga sosial kemasyarakatan. Pemahaman ajaran Islam tersebut kemudian diintrodusir kepada masyarakat yang relevan dengan permasalahan, kemampuan dan kebutuhan masyarakat.

READ  KH Hasyim Asyari: Pak Tani itulah Penolong Negeri

BPPM PMH didirikan oleh Mbah Yai pada tahun 1979 dan resmi menjadi sebuah lembaga pada tahun 1980 dengan akta notaris Imam Sutarjo, S.H dengan nomor 02. “ Sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat terhadap semua manusia ”.

Sumber:

(Warta Batavia)


Konsen K.H Sahal Mahfudz terhadap Pengembangan Ekonomi Umat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *