Larang TKA Masuk ke Indonesia, Menkumham: Harapan Kita Bisa Menangani Pandemi dengan Baik

Larang TKA Masuk ke Indonesia Menkumham Harapan Kita Bisa Menangani Larang TKA Masuk ke Indonesia, Menkumham: Harapan Kita Bisa Menangani Pandemi dengan Baik

Pemerintah telah menyatakan bahwa tenaga kerja asing (TKA) sekarang akan dilarang masuk ke Indonesia. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan larangan masuknya tenaga kerja asing ke Tanah Air setelah mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Pembatasan untuk pekerja asing, sudah ada pembatasan untuk orang asing sebelumnya. Yang diberi kesempatan masuk saja hanya TKA yang bekerja di proyek strategis nasional dengan rekomendasi K/L [kementerian/lembaga] terkait dan tentunya suaranya sesuai dengan protokol Covid-19,” kata Yasonna dalam konferensi pers virtual, Rabu, 21 Juli 2021.

Usai melakukan pengkajian, Yasonna mengatakan pemerintah kemudian memperketat pembatasan tenaga kerja asing yang ingin masuk ke Indonesia. Hanya warga negara asing yang bisa masuk ke Indonesia ketika peraturan itu diterapkan.

“Saat ini kita evaluasi ulang dan ada masukan dari masyarakat, sekarang kita menerapkan pembatasan yang lebih ketat terhadap tenaga kerja asing baik di proyek strategis nasional, maupun di proyek lain yang tidak boleh kita masuki, kecuali dalam lima klasifikasi yang kita bicarakan. tentang sebelumnya. , “Katanya.

Orang asing yang masih dapat masuk ke Indonesia adalah pemegang visa diplomatik dan dinas, orang asing pemegang izin tinggal diplomatik, dan izin tinggal dinas. Selanjutnya, pekerja yang dikecualikan adalah orang asing dengan izin tinggal tetap dan izin tinggal tetap, serta orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan.

Yasonna kemudian menjelaskan mengapa larangan masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia membutuhkan masa transisi. Politisi PDIP ini mengatakan tidak adil jika segera dilaksanakan, meski ada pihak yang saat ini sedang dalam perjalanan ke Indonesia.

“Kenapa harus transisi 2 hari? Karena kita baru mengumumkan hari ini, jelas tidak adil ada yang terbang, tidak mungkin kita langsung eject, itu yang kita lakukan,” ujarnya.

BACA JUGA :   Menkes: Corona Varian Delta Mendominasi di Kudus, Bangkalan dan DKI

Kebijakan pelarangan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia kini telah diumumkan ke publik. Yasonna juga berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk implementasi kebijakan ini.

“Ini yang selalu berkaitan dengan kedatangan orang asing, biasanya selalu ada keterlambatan. Juga dalam hal ini saya berkoordinasi dengan Menlu. Jadi saya yakin kita akan tegas menerapkan kebijakan ini tentunya dengan harapan bisa mengelola pandemi dengan baik,” ujarnya.[okezone.com]


Larang TKA Masuk ke Indonesia, Menkumham: Harapan Kita Bisa Menangani Pandemi dengan Baik

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *