Kategori
Berita

LPJ Kepengurusan KH Said Aqil Diterima dengan Banyak Catatan, Begini Respon Gus Yahya

KH Yahya Cholil Staquf


Sejumlah pengurus wilayah dan cabang NU memberi catatan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang disampaikan pengurus PBNU periode 2015-2021. Pengurus NU Sulawesi Barat, misalnya. Menurut pengurus NU Sulawesi Barat, LPJ yang disampaikan pengurus amat jauh dari realitas.

Kecuali itu, KH Yahya Cholil Staquf juga ikut merespons pemaparan LPJ KH Said Aqil Siroj di Muktamar ke-34 di Bandar Lampung.

“Baru saja kita tadi selesaikan 1 tahapan yang penting dalam muktamar ini yaitu laporan pertanggungjawaban PBNU dan telah disampaikan tadi telah banyak hal yang menarik dan banyak prestasi sungguh dan waktu diberikan ke muktamirin untuk menyampaikan tanggapan dan pandangan,” kata Gus Yahya di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Kamis 23 Desember.

LPJ KH Said itu diterima oleh semua peserta muktamar. Tetapi Gus Yahya bilang ada beberapa peserta yang memberikan catatan dalam LPJ itu.

“Dan catatan yang disampaikan ini seluruh ialah hal-hal yang telah pernah saya dengar untuk berjumpa dengan pengurus wilayah dan pengurus cabang. Telah saya sampaikan dalam waktu 2-3 bulan terakhir, 474 telah saya temui PCNU dan PWNU dan lagi-lagi yang disampaikan tadi selaku catatan yang saya telah dengar saat berjumpa mereka,” beber Gus Yahya.

Kata dia, catatan itu seakan jadi ekspresi bahwa pengurus wilayah dan cabang sejatinya menyambut tawaran-tawaran yang selama ini telah rutin dia sosialisasikan. Mereka berkeinginan ke Gus Yahya untuk dapat membenahi kekurangan KH Said Aqil.

Gus Yahya juga kembali mengatakan dengan tegas jika dia telah mengantongi sokongan 447 dari semua PCNU dan PWNU yang mempunyai hak suara.

“Saya sampaikan ke mereka mesti berdasar kejujuran mereka seluruh, ini muktamar untuk masuk abad ke 2. Tidak ada yang lebih kita harapkan dari pada ridho Allah, jangan sampai ada yang mencemari proses dan Peluang Baik ini sehingga ada risiko berkurangnya berkah Allah di dalam masuk abad ke 2 ini,” tandasnya.

BACA JUGA :   Alhamdulillah! Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris, Salah Satunya Dewan Syura Jemaah Islamiyah

Masalah Gus Dur yang selama ini rajin jadi ‘jualan’ dia, Gus Yahya bilang sosok Presiden ke-3 RI itu sungguh bagian dari visi misinya. Gus Dur, kata Gus Yahya, masih amat relevan dalam jangka waktu yang lama.

“Ini tidak mungkin temukan pengganti personal dari keberadaan Gus Dur, saya juga tidak dapat menggantikan Gus Dur. Saya dapat yakinkan visi dan idealisme Gus Dur mesti dikonstruksikan ke dalam wadah organisasi,” tutup dia.

(Warta Batavia)


LPJ Kepengurusan KH Said Aqil Diterima dengan Banyak Catatan, Begini Respon Gus Yahya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.