7231fab6 10bb 4744 8e3d 9c470197200e 169
7231fab6 10bb 4744 8e3d 9c470197200e 169

Mengenang Wejangan Ibunda untuk Joko Widodo: ‘Kau Mesti Tegar’

Diposting pada 27 views

Mengenang Wejangan Ibunda untuk Joko Widodo: ‘Kau Mesti Tegar’

‘Kau wajib tegar, kuat, dan berpendirian kuat’ itu ialah bagian kalimat wejangan Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo ke anak laki-lakinya. Wejangan itu akan senantiasa diingat oleh Presiden Joko Widodo.

detikcom sempat diberi Peluang mewawancarai Sudjiatmi waktu ‘Hari Ibu’ pada 24 Desember 2018 di Solo, Jawa Tengah. Kala itu usia Sudjiatmi 75 tahun, Sudjiatmi yang kala itu masih sehat berbagi wejangan ke masarakat.

Sudjiatmi bercerita Soal kebiasaan Joko Widodo yang sering meneleponnya di sela-sela kesibukan Joko Widodo selaku Presiden Indonesa. Joko Widodo senantiasa meminta wejangan-wejangan kecil ke Ibundanya.

“Kau wajib tegar, kuat, dan berpendirian kuat. Punya pendirian sendiri. Jangan mau ditekan-tekan orang lain. Saya pesan cuma itu aja,” ungkap Sudjiatmi menirukan pesannya ke Joko Widodo.

Sudjiatmi menjelaskan senantiasa menanamkan kejujuran ke Joko Widodo. Sosok Ibu yang senantiasa Memperingatkan hal yang baik ke Joko Widodo.

“Dari kecil saya tanamkan, bila besok telah besar, mau kerja apa boleh terserah pilihanmu sendiri tapi wajib dipegang, jujur, dan mau kerja keras. Itu yang saya tanamkan semenjak dulu. Juga tulus dan ikhlas. Dari dulu saya ingatkan, ingatkan, ingatkan,” ucap Sudjiatmi.

Sudjiatmi juga berperan waktu Joko Widodo awal-awal terjun ke dunia politik. Waktu itu, Joko Widodo tidak memperoleh restu dari Sudjiatmi. Tetapi, menyaksikan kesungguhan Joko Widodo, Sudjiatmi akhirnya luluh dan mendoakan anaknya itu, yang sekarang jadi Presiden Indonesia.

READ
Presiden Joko Widodo: Imbauan Tidak Mudik Belum Cukup, Penting Langkah Tegas Cegah Corona

“Saya awalnya ndak setuju juga. Wong dia itu wiraswasta, dari saudara-saudaranya seluruh, kakek, nenek, dan pakde-pakdenya, pakliknya wiraswasta, dia kok mau ke politik. Saya tanya, cari apa kau? Mau belok, mau nyalon wali kota itu lo,” katanya.

“Saya ya jikalau anaknya mau maju, ya, telah, saya merestui dan mendoakan. Sampai gubernur dan sampai presiden begitu, dia pasti umroh dulu,” imbuhnya.

Saat ini wejangan-wejangan Sudjiatmi akan senantiasa dikenang oleh Joko Widodo. Nasihat-nasihat itu pasti akan senantiasa diingat oleh anak-anaknya. Selamat jalan, Ibu Sudjiatmi. [detik.com]


Mengenang Wejangan Ibunda untuk Joko Widodo: ‘Kau Mesti Tegar’

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *