Menggabungkan Niat Puasa Qadha’ Ramadhan dan Puasa Sunnah

Habib Ali Al Jufriy ngaji bareng Syaikh Ali Jumah Menggabungkan Niat Puasa Qadha’ Ramadhan dan Puasa Sunnah


Apakah niat puasa qadha dapat digabungkan dengan puasa sunnah enam hari syawal dengan satu niat?

Banyak ulama yang berpendapat bahwa niat puasa sunnah diperbolehkan dalam niat puasa wajib, bukan sebaliknya. Niat puasa wajib tidak dimasukkan dalam niat puasa sunnah.

Atas dasar itu, seorang wanita dapat mengganti puasa Ramadhannya yang tertinggal karena menstruasi di bulan Syawal. Dengan cara ini, dia cukup melakukan qadha puasa Ramadhan yang tersisa tanpa harus melakukan puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Walaupun tidak melakukan puasa sunnah syawal, namun tetap mendapat pahala puasa sunnah syawal, karena wajib puasa (puasa qadha ramadhan) di bulan syawal.

Amalan seperti ini dianalogikan seseorang masuk masjid, kemudian melaksanakan shalat dua rakaat dengan maksud melaksanakan shalat wajib atau sunnah qabliyah, orang tersebut juga mendapat pahala shalat tahiyatul masjid. Sebab, shalat dua rakaat yang dia lakukan saat masuk masjid adalah sebelum duduk.

Al-Bujairami dalam Hasyiyahnya mengatakan: “Dengan melakukan shalat dua rakaat atau lebih maka keutamaan sholat tahiyatul masjid telah tercapai, baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah, baik yang diinginkan atau tidak yang bersangkutan. Makna umum Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dimana Nabi Muhammad bersabda, “Jika ada di antara kalian yang masuk masjid, jangan duduk sebelum shalat dua rakaat.” Selain itu, makna dari perkataan Nabi adalah bahwa c ‘adalah doa sebelum duduk, dan ini terjadi.[1]

[1] Bukhari dalam kitab al-Jumu’ah (Jumat), Bab Sholat Tathawwu ‘(nomor 1167)

Sumber: Syekh Ali Jum’ah Menjawab 99 Masalah Islam: Fokus pada Masalah Fiqih Ibadah, Fiqih Muamalah, Fiqh Kedokteran dan Sains. Adapters: Muhammad Arifin, Penerbit: Faiq Ihsan Anshari, Tangerang: Heart Lantern: Prints I, 2014. Hal. 91-92.

BACA JUGA :
Astaghfirullah! Ingin Jadi Teroris, Seorang Pria di Palembang Tusuk Anggota Polisi

https://panrita.id/2020/04/30/menggabung- Camion-puasa-qadha-ramadhan-dan-puasa-sunnah /

(Warta Batavia)


Menggabungkan Niat Puasa Qadha’ Ramadhan dan Puasa Sunnah

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *