Menteri Desa: Penyaluran BLT Biaya Desa Capai 65 %

Menteri Desa: Penyaluran BLT Biaya Desa Capai 65 %

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, mengumumkan sampai waktu ini Sokongan Langsung Tunai (BLT) Biaya Desa sudah tersalur ke 37.012 desa atau setara 65 % dari hitungan total keseluruhan. Adapun  anggaran yang sudah digelontorkan mencapai Rp2.2 triliun.

“Alhamdulillah perhari ini sampai pukul 12.00 Wib. Penyaluran BLT Biaya Desa melonjak sampai 65 %,” ucap Menteri Halim waktu menggelar video conference di Kantornya, Jumat (22/5/2020).

Menurut dia peningkatan persentase penyaluran dukungan ini diakibatkan oleh pemangkasan proses birokrasi di tingkat pemerintah daerah. Ini sesudah jajarannya di lingkungan kerja Eselon I dan Eselon II, aktif membantu proses penyaluran bareng para bupati.

Dalam BLT Biaya Desa Ada 4 tahapan penyaluran, ialah pendataan Famili miskin, musyawarah desa spesial untuk menetapkan daftar penerima manfaat, pengesahan bupati kepada daftar usulan desa tersebut, dan distop penyaluran dukungan.

“Tercatat sampai hari ini Ada 3.802.367 Famili penerima manfaat (KPM) yang telah menerima dukungan. Artinya terjadi lonjakan, dari kemarin yang baru mencapai 2.469.025 KPM,” terang Halim.

Peta Penyaluran

Adapun, urutan provinsi yang sanggup menyalurkan BLT tertinggi  sesuai data terakhir ialah Provinsi Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, DI Yogyakarta, dan Sulawesi Tenggara.

Sebaliknya, provinsi yang paling rendah dalam persentase penyaluran BLT di duduki Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Papua, dan Maluku Utara.

READ
Cegah Covid-19, ASN dan Siswa di Dogiyai Libur Sampai 5 April

Oleh karenanya, pihaknya berusaha terus menaikkan presentase penyaluran BLT Biaya Desa. Melalui sosialisasi Petunjuk Menteri Desa PDTT No 1/2020, memperbolehkan desa-desa yang sudah memberitahukan daftar penerima BLT untuk bupati atau walikota lebih dari 5 hari maka dapat langsung menyalurkan untuk warganya sesuai daftar tersebut. [liputan6.com]


Menteri Desa: Penyaluran BLT Biaya Desa Capai 65 %

loading...

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *