Menteri PANRB Usulkan Pemecatan PNS Tersangkut Jual Beli Vaksin COVID-19

Menteri PANRB Usulkan Pemecatan PNS Tersangkut Jual Beli Vaksin COVID 19 Menteri PANRB Usulkan Pemecatan PNS Tersangkut Jual Beli Vaksin COVID-19

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo sangat menyayangkan adanya aparat sipil negara (ASN) yang terlibat dalam penjualan ilegal vaksin COVID-19 di wilayah Sumatera Utara. Ketiga pejabat publik (PNS) itu ditetapkan sebagai tersangka dan ditangkap setelah diperiksa.

“Para PNS ini harus mendapat hukuman yang sesuai jika terbukti bersalah. Saya mengusulkan agar mereka dipecat,” ujarnya di Jakarta, Sabtu pagi (22/5/2021).

Berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 2014 yang berkaitan dengan pegawai negeri dan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 yang berkaitan dengan pengelolaan pegawai negeri, jika terbukti bersalah pegawai negeri yang telah melakukan tindak pidana dapat diberhentikan dengan tidak hormat. Sampai proses hukum selesai, PNS tersebut dapat diberhentikan sementara sebagai PNS.

Tjahjo berharap, penegakan hukum yang tegas bagi PNS yang terbukti melakukan tindak pidana memiliki efek jera. “Kami harus menegakkan aturan ASN dengan tegas agar hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa mendatang,” tambahnya.

Menteri PANRB juga menyayangkan keberadaan individu ASN yang mencari peluang untuk meraup keuntungan pribadi di tengah pandemi. “Vaksinasi COVID-19 merupakan program nasional yang harus kita dukung. ASN harus menjadi contoh, bukan sebaliknya,” tegasnya.

Tjahjo juga menegaskan bahwa ASN harus bertindak dan berperilaku sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Menyusul kejadian yang merugikan masyarakat ini, Kementerian PANRB akan segera mengirimkan surat kepada Manajer Pengembangan Kepegawaian (PPK) yang berwenang, untuk melakukan proses pemeriksaan sesuai ketentuan yang berlaku dan dalam proses hukum yang bersangkutan akan sementara. diskors sebagai pegawai negeri. [setkab.go.id]


Menteri PANRB Usulkan Pemecatan PNS Tersangkut Jual Beli Vaksin COVID-19

BACA JUGA :   Kabareskrim: Tindak Tegas yang Mengganggu Upaya Pemerintah Tangani COVID!

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *