Mobil China yang Akan Masuk Indonesia Dikenal dengan Kendaraan Listriknya

Th21 China Electric Car.jpg

Mobil China yang Akan Masuk Indonesia Dikenal dengan Kendaraan Listriknya

Mobil Listrik BYD (Foto: Cleantechnica)

Jakarta – Kemungkinan pasar kendaraan roda 4 di Indonesia amat bagus. Tidak heran kalau ada beberapa produsen mobil dari luar negeri yang berencana Menanamkan modal di Indonesia. Menyebut saja 1 di antaranya BYD Company. menurut info dari Kementerian Perindustrian menyebutkan produsen mobil asal China rencananya akan melaksanakan pilot project di bagian mobil komersial.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah mengetahui BYD Company akan masuk Indonesia. Sejauh ini Soal produk, hitungan total investasi, dan lainnnya Gaikindo belum mengetahui detail.

“BYD Company atau mobil dari China itu ialah mobil yang sungguh amat terkenal di China. Mereka lebih utamakan kendaraan-kendaraan berbahan bakar ataupun mempergunakan listrik. Nah di Indonesia saya dengar mereka merencanakan ataupun ingin masuk ke Indonesia. Tetapi secara konkretnya kami belum dapatkan data apa-apa,” ucap Yohannes Nangoi sebagai ketua umum Gaikindo, Senin (14/5/2019) di Jakarta.

Walaupun baru planning investasi, tapi BYD Company telah mulai mempertunjukkan eksistensinya di Indonesia lewat penyediaan sejumlah mobil listrik untuk armada taksi listrik Blue Bird. Mobil listrik BYD Company yang masuk ke Indonesia masih di impor belum produksi dalam negeri.

“Jadi itu salah satunya (BYD kerjasama dengan Blue Bird) , tapi masih belum ada industrinya di Indonesia, jadi masih impor,” jelas lelaki yang akrab dipanggil Nangoi itu.

Tesla X dan BYD e6

Bersesuaian dengan Hari Bumi pada 22 April, Blue Bird meluncurkan produk pelayanan teranyar mereka yaitu e-Taxi. Produk pelayanan mobil taksi listrik ini sekaligus menahbiskan Blue Bird selaku kendaraan taksi ke-1 yang mempergunakan daya full listrik di Indonesia. Taksi listrik atau e-Taxi Bluebird ini mempergunakan unit model Tesla X dan BYD e6 yang diimpor langsung dari negaranya masing-masing.

“Ke-2 mobil ini langsung diimpor dari negara asalnya, BYD e6 dari Shenzhen, China dan Tesla X langsung dari Inggris sebab sama-sama setir kanan,” ucap Andrianto Djokosoetono sebagai Direktur PT Blue Bird.

Pemanfaatan mobil listrik diakui Blue Bird bukan cuma untuk menaikkan servis dan kenyaman pelanggannya. Tetapi juga menjaga pelestarian lingkungan. Atas program e-Taxi ini Bluebird pun dihukum penghargaan dari MURI selaku penyedia pelayanan taksi listrik ke-1 di Indonesia.

You might like

About the Author: Agus Mulyanto

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali